Duta GenRe, Mengatasi Persoalan Remaja di Kabupaten Tasikmalaya

Duta GenRe, Mengatasi Persoalan Remaja di Kabupaten Tasikmalaya

Dinsos PPKB PPA menggelar kegiatan Duta GenRe Kabupaten Tasikmalaya di Grand Metro Hotel, Selasa 24 Januari 2023 malam.-istimewa-radartasik.disway.id

TASIKMALAYA, RADARTASIK.COM – Pemerintah Kabupaten Tasikmalaya melalui Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Keluarga Berencana, Perlindungan Perempuan dan Anak (Dinsos PPKB PPA) gencar mengatasi persoalan remaja di Kabupaten Tasikmalaya

Setidaknya ada tiga persoalan remaja yang tengah dijajagi yakni mengantisipasi perkawinan usia dini, seks bebas dan penggunaan narkotika (napza). 

Untuk mengatasi persoalan remaja, Dinsos PPKB PPA melaksanakan pemilihan Duta GenRe (Generasi Remaja) Selasa 24 Januari 2023. 

Sebelumnya, Duta GenRe tersebut sudah berjalan namun dua tahun terhenti karena masa pandemi Covid-19. Kini kembali dibangkitkan sehingga remaja dari 39 kecamatan diseleksi untuk menjadi duta bagi para remaja.

BACA JUGA:Kisah Kreativitas Kelompok Usaha Serdang Bedagai, Sulap Anyaman Pandan Jadi Produk Ekspor 

Kepala Dinsos PPKB PPA Kabupaten Tasikmalaya, Dadan Wardana mengutarakan, pemilihan Duta GenRe di Kabupaten Tasikmalaya merupakan agenda yang sudah rutin sejak tahun 2012. 

"Memang latarbelakang dari duta GenRe ini melihat dari perkembangan usia remaja yang semakin menghawatirkan, akibat globalisasi dan informasi yang tidak terkendali, hingga mengarah ke sisi positif dan negatif. Meski banyaknya  sisi negatif," jelas Dadan.

Program GenRe menjadi salah satu inovasi untuk para remaja, baik tingkat SMA maupun mahasiswa, untuk melakukan perencanaan sejak dini dalam pertahanan keluarga ke depan. 

Ada tiga inti yang harus dihindari para remaja, yakni menunda perkawinan usia dini, kemudian seks bebas dan menghindari napza. 

BACA JUGA:Ini Alasan Bupati Tasikmalaya Keukeuh Ada 3 Exit Tol Getaci di Kabupaten Tasikmalaya

Ketiga persoalan ini yang kemudian dikampanyekan oleh Duta GenRe. "Pemkab Tasikmalaya ingin mewujudkan remaja ini memahami apa saja program yang ada di GenRe dan menularkan para rekan remaja-remaja lainnya," kata dia 

Dadan berharap, Duta GenRe yang terpilih akan menyampaikan pada teman-teman lainnya. Disamping ia akan mewakili Kabupaten Tasikmalaya untuk maju dalam pemilihan Duta GenRe tingkat Provinsi Jawa Barat.  "Tiga poin itu diharapkan sampai kepada remaja lainnya," harap Dadan.

Kegiatan Duta GenRe Kabupaten Tasikmalaya yang digelar di salah satu hotel berbintang di Kota Tasikmalaya ini digelar selama 2 hari, yakni Senin - Selasa (23-24) malam. 

Hadir dalam kesempatan ini Ketua PKK Kabupaten Tasikmalaya Ai Diantani Sugianto dan Bupati Tasikmalaya Ade Sugianto.

Sumber: