Hukuman Goreng

Hukuman Goreng

--

Sekilas UT di Inggris. Berdirinya Universitas Terbuka di Inggris adalah wujud dari janji kampanye Harold Wilson, mantan pemimpin Partai Buruh. Harold Wilson di dalam kampanyenya untuk pemilihan umum menjanjikan : "Memberikan kesempatan kepada mereka yang ketinggalan kuliah di universitas tradisional, untuk mengalami pembelajaran tingkat gelar berkualitas tinggi". Ketika Harold Wilson terpilih sebagai Perdana Menteri, dia menugaskan Menteri Kesenian, Jennie Lee, untuk mengawasi pelaksanaan proyek tersebut. Pada tahun 1965, komite pendidik, wakil rektor universitas, dan penyiar televisi dibentuk. Pada tahun 1969 The Open University diluncurkan yang berkantor pusat di Milton Keynes. Memiliki jaringan lebih dari 5.000 tutor dan menggunakan teknologi komunikasi untuk menyampaikan pengajaran dan penilaian. The Open University juga menjalankan les kelompok, sekolah siang, dan sekolah musim panas residensial. The Open University juga menjalin kemitraan jangka panjang dengan BBC, memproduksi bersama hingga 25 serial TV dan radio setahun. Mantan Perdana Menteri Inggris Gordon Brown, penyiar Anna Ford dan aktris Glenda Jackson termasuk di antara sejumlah nama terkenal yang pernah mengajar untuk The Open University.

Mirza Mirwan

Model perkuliahan lewat korespondensi sebenarnya sudah ada sejak 1938. Tetapi negara-negara Asia terlambat mengadopsinya. Yang pertama mendirikan UT di Asia adalah Tiongkok, zaman Deng Xiaoping, ketika membuka Open University of Beijing, 1979. Disusul kemudian India dengan mendirikan Andhra Pradesh Open University, 1982. Lalu Jepang dengan Open University of Japan (semula bernama University of The Air), 1983. Barulah kemudian Indonesia mengikutinya dengan mendirikan UNIVERSITAS TERBUKA, September 1984. Sampai tahun kemarin total UT di wilayah Asia hampir 50 UT, terbanyak di India. Mereka, UT-UT Asia itu, tergabung dalam AAOU - The Asian Association of Open University -- yang kini diketuai Prof. Ojat untuk periode ke-2 (2023-2024), setelah menjabat ketua periode 2021-2022. Selain menjadi anggota AAOU, semua UT di Asia juga menjadi anggota ICDE -- International Council for Open and Distance Education -- yang markas besarnya ada di Oslo, Norwegia. Nah, ICDE ini sudah dibentuk sejak 1938 -- semula ICCE (international Council for Correspondence Education). ICDE ini tiap dua tahun menyelenggarakan konferensi dunia (world conference), semacam muktamar/munas/kongres untuk ormas atau parpol di kita. Konferensi dua-tahunan itu harus diselenggarakan di benua yang berbeda dari konferensi sebelumnya. Maka Indonesia juga pernah menjadi tuan rumah konferensi ICDE. Itu terjadi pada konferensi ke-24, tahun 2011. Kayaknya 95% pembaca CHD tak ada yang tahu hal itu sebelumnya.

Dokumen Negara

Ya iyalah yg lolos ASN kependidikan beberapa tahun belakangan hanya yg sudah bhakti tahunan K1 dan K2. Dan yg punya tiket K1 K2 adalah yg awal prioritasnya karir/bhakti dulu sambil kuliah maka yg dipilih UT..tapi sah2 saja klaim2 itu asal...

Fa Za

Dia sudah 'pandemi' sejak lahir. Dan terus pandemi selama 38 tahun umurnya sekarang ini.  ---> Dia sudah 'jarak jauh' sejak lahir. Dan terus jarak jauh selama 38 tahun umurnya sekarang ini. 

*) Dari komentar pembaca http://disway.id

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: