Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan Perkirakan Harga Telur akan Kembali Normal 2 Minggu Lagi

Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan Perkirakan Harga Telur akan Kembali Normal 2 Minggu Lagi

Mendag Zulhas menyatakan harga telur ayam akan kembali normal Paling lama dua minggu lagi--

JAKARTA, RADARTASIK.COM - Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan menyatakan harga telur di pasaran yang saat ini sudah tembus Rp30 ribu per kilogram akan kembali normal dalam 2 minggu mendatang.

"Mudah-mudahan paling lambat dua minggu sudah norma (harga)l telur ayam. Walaupun itu juga nanti akan kita tambah lagi ayam untuk petelur itu," kata Zulhas sapaan Zulkifli Hasan, Kamis, seperti dilansir fin.co.id, 25 Agustus 2022.

Diakui Mendag, saat ini harga telur ayam masih melambung tinggi hingga mencapai harga lebih dari Rp30 ribu lebih per kilogram.

BACA JUGA:Harga Telur di Kota Tasikmalaya Diprediksi di Kembali Normal Jika…

Kondisi itu terjadi, kata Zulhas, salah satu faktor penyebabnya adalah meningkatnya permintaan telur untuk program bantuan sosial (bansos) kepada masyarakat. Dimana salah satu bantuannya berupa telur ayam.

Selain itu Zulhas juga mengungkapkan kenaikan harga telur dalam beberapa terakhir karena melonjaknya permintaan, sementara suplai atau produksi tidak memadai.

Karena pengadaan bansos itu, permintaan telur ayam melonjak di berbagai daerah.

BACA JUGA:Pabrik Pakan Mini Solusi Tekan Harga Telur Ayam di Ciamis

BACA JUGA:Harga Telur Ayam Penyumbang Inflasi di Ciamis

"Ini rapel uangnya (uang bansos) tiga bulan agak banyak, jadi ada permintaan selama lima hari mendadak, pasar kurang pasokannya. Biasa kalau pasokan kurang dikit, kaget, harga naik," ujarnya.

Pria yang menjabat Ketua Umum PAN itu mengaku sudah bertemu para perwakilan pengusaha telur. Para pelaku usaha meminta agar skema penyaluran bansos dibuat secara periodik agar produksi dapat mencukupi permintaan.

"Sarannya, bisa tidak bansos tiap bulan, karena telur itu kan tidak bisa cepat. Jadi kalau bisa tiap bulan, sehingga ketika dibelanjakan tidak ada permintaan (telur) yang mendadak banyak," tuturnya. 

BACA JUGA:7 Pekerja Luka Bakar Tersengat Listrik di Cibeureum Tasik, saat Pasang Tiang Jaringan Seluler

BACA JUGA:Kronologi 7 Pekerja Tersengat Listrik di Tasik Saat Pasang Tiang Seluler

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: fin.co.id