Berkolaborasi Tingkatkan Kualitas Kesehatan, Peringatan HKN ke-58 Ditandai dengan Gowes dan Jalan Sehat

Berkolaborasi Tingkatkan Kualitas Kesehatan, Peringatan HKN ke-58 Ditandai dengan Gowes dan Jalan Sehat

Sekretaris Daerah Kota Tasikmmalaya Drs H Ivan Dicksan MSi didampingi Kepala Dinas Kesehatan dr Uus Supangat dan Perwakilan Kommmisi IV DPRD Kota Tasikmalaya Murjani melepas peserta Gowes di Peringatan HKN ke 58 tahun 2022-Foto:dokradartasik.disway.id/dokdinaskesehatankotatasikmalaya-

KOTA TASIK, RADARTASIK.COM - Peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) Ke-58 tahun 2022 tingkat Kota Tasikmalaya dilaksanakan Selasa 22 November 2022, bertempat di Kompleks Perkantoran Jalan Ir. Djuanda Kota Tasikmalaya. Peringatan HKN Ke-58 tahun 2022 ini, diawali dengan senam bersama.

Dilanjutkan dengan pelepasan Gowes dan jalan sehat oleh Sekda Kota Tasikmalaya Drs. H. Ivan Dicksan, MSi, dengan peserta dari seluruh pegawai Dinas Kesehatan Kota Tasikmalaya, Puskesmas, Sekolah Kesehatan, Perguruan Tinggi, organisasi profesi kesehatan, klinik-klinik kesehatan, rumah sakit, perusahaan swasta, serta seluruh insan kesehatan yang ada di Kota Tasikmalaya. 

Di moment peringatan HKN Ke-58, Sekretaris Daerah Kota Tasikmalaya Drs. H. Ivan Dicksan, M.Si menyampaikan pesan bahwa moment ini tidak hanya dirasakan oleh keluarga besar kesehatan dan stakeholdernya saja, akan tetapi juga dapat dirasakan oleh seluruh masyarakat Kota Tasikmalaya. Melalui peringatan HKN ini, kata Ivan, dapat menjadi komitmen bersama untuk meningkatkan kualitas kesehatan di Kota Tasikmalaya.

“Melalui peringatan Hari Kesehatan Nasional ini diharapkan dapat menjadi pesan bagi seluruh OPD dan masyarakat untuk bersama-sama berkolaborasi dalam meningkatkan kualitas kesehatan di Kota Tasikmalaya,” ungkapnya pada saat memberikan sambutan di puncak HKN Ke-58 Tahun 2022.

BACA JUGA:Belum Jelas, Nasib PKL Jalan Pedestrian Cihideung Terpaksa Jualan Alakadarnya

Ivan juga menyampaikan bahwa tantangan kesehatan ke depan masih cukup banyak. Diantaranya kasus Covid-19 yang masih ada di Kota Tasikmalaya, upaya penurunan angka stunting, dan yang tak kalah pentingnya adalah tantangan untuk menyiapkan generasi penerus yang sehat dan emiliki daya saing yang kuat.

“Bukan hanya itu saja, kesehatan pun juga meliputi berbagai aspek perilaku seperti membuang sampah, pola hidup bersih dan sehat, cuci tangan dengan sabun, sarana dan prasarana, dan lainnya. Oleh karena itu, diharapkan kolaborasi dan sinergi dapat terus dibangun bersama,” tegasnya.

Kemeriahan puncak HKN Ke-58 Tahun begitu terasa melalui kegiatan kemarin. Bahkan rangkaian kegiatan lainnya telah dilaksanakan jauh-jauh hari seperti penilaian Posyandu yang menjadi Posyandu Pancawarna RW 018 Kelurahan Kahuripan Kecamatan Tawang Kota Tasikmalaya dinobatkan sebagai Juara 1 Posyandu Terbaik Tingkat Kota Tasikmalaya. 

Kemudian berbagai agenda kejuaraan juga telah dilaksanakan seperti aneka lomba antar puskesmas, rumah sakit dan insan kesehatan, ada lomba menyanyi genre pop dan dangdut, ada lomba kreasi senam Kategori SIAP untuk tenaga kesehatan, senam Kategori GERMAS untuk kader posyandu, kemudian ada lomba badminton, futsal, tenis meja, hingga lomba edukasi kesehatan berbasis digital yang melibatkan seluruh insan kesehatan Kota Tasikmalaya.

BACA JUGA:Intip Yuk Trend Baju Idul Fitri 2023, Family Set Masih Jadi Pilihan 

Di sela-sela acara, Kepala Dinas Kesehatan Kota Tasikmalaya, dr. H. Uus Supangat menyampaikan pesan bahwa saat ini semua pihak harus sudah mulai fokus pada pembangunan kesehatan.

“Kenapa kita melibatkan seluruh organisasi perangkat daerah, seluruh stakeholder masyarakat, tempat-tempat pelayanan kesehatan, karena ke depan seluruh pembangunan kesehatan di Kota Tasikmalaya tidak hanya bisa tertumpu dan dilaksanakan oleh Dinas Kesehatan Kota Tasikmalaya saja, tapi kita harus kolaborasi,” kata Uus.

Di dalam hal ini, tutur Uus, harus melibatkan seluruh element dalam menyelesaikan berbagai permasalahan kesehatan yang ada dan juga pembangunan kesehatan yang ada di Kota Tasikmalaya. 

“Kita betul-betul harus bekerjasama dan tentunya harapan dari kita juga dan kesehatan itu harus mulai menjadi fokus perhatian kita bersama di dalam setiap tantangan dan proses pembangunan yang ada,” tegasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: