Dr Aqua Dwipayana: Jargon ’AKHLAK’ sebagai Pedoman Berperilaku Baik Setiap ASN

Dr Aqua Dwipayana: Jargon ’AKHLAK’ sebagai Pedoman Berperilaku Baik Setiap ASN

Pakar Komunikasi dan Motivator Nasional Dr Aqua Dwipayana melaksanakan sharing komunikasi dan motivasi bertajuk ”ASN Kabupaten Cilacap Bersatu Menuju Birokrasi Kelas Dunia” pada Jumat 21 Oktober 2022.--

CILACAP – Pakar Komunikasi dan Motivator Nasional Dr Aqua Dwipayana menegaskan jargon ”AKHLAK” sebagai pedoman berperilaku baik bagi setiap aparatur sipil negara (ASN). Dengan konsisten melaksanakan itu maka keberadaan para ASN terus mendapat dukungan masyarakat.

Penegasan itu disampaikan Dr Aqua saat Sharing Komunikasi dan Motivasi bertajuk ”ASN Kabupaten Cilacap Bersatu Menuju Birokrasi Kelas Dunia” bagi pejabat di lingkungan Pemerintah Kabupaten Cilacap di Pendopo Wijayakusuma Cakti Cilacap pada Jumat (21/10/2022) pagi.

Dr Aqua melanjutkan, pertama, Akuntabel, yaitu; melaksanakan tugas dengan jujur, bertanggung jawab, cermat, serta disiplin dan berintegritas tinggi, lalu menggunakan kekayaan dan barang milik negara secara bertanggung jawab, efektif dan efisien, serta tidak menyalahgunakan kewenangan jabatan.

Lalu, Kompeten, panduan perilakunya ialah; meningkatkan kompetensi diri untuk menjawab tantangan yang selalu berubah, membantu orang lain belajar, dan melaksanakan tugas dengan kualitas terbaik.

Ketiga, Harmonis, panduan perilakunya adalah; menghargai setiap orang apapun latar belakangnya, suka menolong orang lain, dan membangun lingkungan kerja yang kondusif. 

Keempat, Loyal, panduan perilakunya adalah; memegang teguh ideologi Pancasila dan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, setia kepada NKRI serta pemerintahan yang sah, menjaga nama baik sesama ASN, pimpinan, instansi dan negara, serta menjaga rahasia jabatan dan negara.

Selanjutnya, Adaptif, panduan perilakunya adalah; cepat menyesuaikan diri menghadapi perubahan, terus berinovasi dan mengembangkan kreativitas, dan bertindak proaktif.

”Yang terakhir, Kolaboratif, panduan perilakunya ialah; memberi kesempatan kepada berbagai pihak untuk berkontribusi, terbuka dalam bekerja sama untuk menghasilkan nilai tambah, dan menggerakkan pemanfaatan berbagai sumber daya untuk tujuan bersama,” ujar Dr Aqua.

ASN Jangan Bermusuhan

Menyinggung tentang ”ASN Kabupaten Cilacap Bersatu Menuju Birokrasi Kelas Dunia”, menurut pria yang hobi silaturahim ini paling utama adalah sikap bersatu seluruh ASN di Kabupaten Cilacap. Jangan ada yang merasa sebagai pesaing apalagi bermusuhan sehingga hubungannya tidak baik.

Jika selalu bersatu dan kompak, jelas Dr Aqua, dapat dengan mudah dan cepat melayani masyarakat. Bahkan itu bisa dilakukan setiap saat tanpa mengenal jam kerja karena sebagai pelayanan pada hakekatnya setiap saat melayani.

Mereka yang puas dengan pelayanan yang diberikan, ungkap Dr Aqua, selain mengucapkan terima kasih, juga tanpa diminta secara positif akan bercerita ke banyak orang tentang layanan yang diterimanya. Ini merupakan citra positif buat Kabupaten Cilacap.

Lebih jauh Dr Aqua menegaskan bahwa terdapat modal bagi SDM aparatur hari ini menuju birokrasi kelas dunia yang berintegritas dan profesional. Pertama, memiliki jiwa pekerja keras, bekerja smart, dinamis. Kemudian, menjadi birokrat yang membawa lompatan kemajuan bagi kejayaan bangsa kita Indonesia.

”Selanjutnya, menguasai teknologi informasi dan bahasa asing. Menjadi birokrat berintegritas dan bebas dari korupsi serta totalitas melayani masyarakat. Berjiwa hospitality dan entrepreneurship. Terakhir, memiliki banyak jaringan untuk mengantisipasi perubahan dan menghadapi semua tantangan,” kata Dr Aqua menguraikan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: