SMK Bhakti Kencana Tasik Jadi Pusat Keunggulan, Sediakan BK Senior Care

SMK Bhakti Kencana Tasik Jadi Pusat Keunggulan, Sediakan BK Senior Care

Wakil Gubernur Jawa Barat H Uu Ruzhanul Ulum saat meresmikan seniore care di SMK Bhakti Kencana Tasik sebagai SMK Pusat Keunggulan.-Foto:tangkapanlayar/e-paperradratsaikmalaya-

KOTA TASIK, RADARTASIK.COM – Di tahun 2022 ini, SMK Bhakti Kencana Tasikmalaya menjadi SMK Pusat Keunggulan, sehingga sekolah yang berada di bawah Yayasan Adhi Guna Kencana tersebut mengembangkan teaching factory (Tefa).

Produk teaching factory-nya yakni BK Senior Care yang diresmikan oleh Wakil Gubernur Jawa Barat H Uu Ruzhanul Ulum, Kamis 6 Oktober 2022.

Kepala SMK BK Tasikmalaya Apt R Awaludin Nazal N SFarm mengatakan, sebagai SMK Pusat Keunggulan SMK BK punya unit produksi BK Senior Care yang merupakan kawasan pelayanan terpadu dan berkesinambungan untuk lansia atau senior.

“Kita sebut lansia ini senior. Di BK Senior Care ini terdapat 3 perawatan yang ditawarkan yakni Home Care Service, Day Activity Center dan Dementia Day Program,” ujarnya.

BACA JUGA:Ini Olahraga yang Disarankan Dokter untuk Penderita Alergi, Bisa Pilih Jalan Kaki dan Senam

Ia menjabarkan, Home Care Service yakni pelayanan caregiver profesional di rumah. Jadi caregiver BK Senior Care bisa dipanggil untuk memberikan perawatan untuk senior langsung ke rumah.

Lalu Day Activity Center yakni klub dimana senior dapat mengikuti aneka aktivitas yangmenyenangkan dan pola hidup sehat, seperti senam lansia dan lain-lain.

Ada juga  Dementia Day Program yakni program aktivitas untuk mengoptimalkan kualitas hidup senior yang mengidap demensia. 

“Riset menunjukkan bahwa interaksi sosial dan kegiatan adalah faktor kunci dalam memperlambat proses penurunan akibat kondisi demensia. Karena itu, BK Senior Care menyajikan program atau treatment di mana senior dengan demensia dapat mengikuti ragam kegiatan dan mendapatkan interaksi sosial yang maksimal,” ujarnya.

BACA JUGA:Jose Mourinho Kuatirkan Cedera Zeki Celik

Melalui  BK Senior Care  ini, sambungnya, SMK BK ingin memperbaiki kualitas hidup senior yang ada di Kota Tasikmalaya dan sekitarnya. ”Lansia itu jangan dirawat asal-asalan, agar kualitas hidupnya meningkat,” katanya.

Selain itu, pihaknya ingin mengubah mindset bahwa senior identik dengan panti jompo, padahal senior juga bisa mendapatkan perawatan dan layanan yang lebih berkualitas melalui BK Senior Care salah satunya.

Di BK Senior Care ini tidak hanya guru dan siswa jurusan Keperawatan yang terlibat, ada pendampingan dari perawat profesional. “Perawatnya sudah ada sertifikat untuk merawat senior,” katanya.

BK Senior Care ini bagian dari pembelajaran untuk siswa dan persiapan ke dunia kerja. “Kita sudah sering memberangkatkan lulusan menjadi caregiver ke Jerman dan Jepang. Bulan ini ada tiga orang yang akan berangkat ke luar negeri,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: