Lulusan SMK BK Berdaya Saing Global, Paturay Tineung, 184 Siswa Lulus dan Kompeten

Lulusan SMK BK Berdaya Saing Global, Paturay Tineung, 184 Siswa Lulus dan Kompeten

RADARTASIK, TASIKMALAYA - SMK Bhakti Kencana (BK) Tasikmalaya menyelenggarakan Paturay Tineung dan Angkat Sumpah Asisten Tenaga  Kesehatan Angkatan XVI tahun 2022 di Graha Asia Plaza Tasikmalaya, Selasa (7/6/2022). Itu diikuti oleh 184 siswa kelas XII untuk kompetensi keahlian, seperti; Farmasi Klinis dan Komunitas, Asisten Keperawatan, Multimedia dan Tata Kecantikan Rambut dan Kulit. 

Hal itu, disampaikan langsung oleh Kepala SMK Bhakti Kencana Tasikmalaya Apt R Awaludin Nazal N S Farm kepada Radar, Selasa (7/6/2022).

Kata Awaludin, diadakan Paturay Tineung dan Angkat Sumpah Asisten Tenaga  Kesehatan Angkatan XVI tahun 2022 untuk memberikan penghargaan kepada 184 siswa kelas XII. Karena telah menyelesaikan proses pembelajaran hingga ujian akhir yang disyaratkan SMK BK Tasikmalaya yakni ujian sekolah dan ujian kompetensi.

“Karena hasilnya, Alhamdulillah sebanyak 184 siswa kelas XII angkatan XVI ini, dinyatakan lulus dan berkompeten,” katanya.

Lanjutnya, setelah siswanya dinyatakan lulus dan berkompeten, artinya SMK BK Tasikmalaya sudah  menyiapkan bekal untuk proses melanjutkan masa depannya, bisa bekerja, melanjutkan dan wirausaha. 

BACA JUGA: MI Persis Gandok Juara 2 Lomba Karate

Terlebih, SMK BK Tasikmalaya sudah menjalin kerja sama dengan Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP). Dengan begitu, ketika sudah lulus mempunyai sertifikat kompetensi untuk dasar bekerja. 

“Pastinya sekolah telah membekali siswa ketika lulus memiliki sertifikat yang diakui nasional dan ASEAN. Artinya keahlian lulusan siswa kita tidak diragukan, karena sudah memiliki kompetensi sesuai jurusan yang ada di SMK BK Tasikmalaya,” ujarnya.

Terbukti untuk saat ini, rekrutmen pekerjaan sudah ada beberapa perusahaan yang tertarik mengambil dari lulusannya. Baik perusahaan dalam ataupun luar negeri seperti Jepang dan Jerman.

“Untuk lulusan sekarang, 50 persen kerja, 40 melanjutkan pendidikan, sisanya 10 persen berwirausaha. Lebih bangganya lagi mereka dari lulusan asisten keperawatan lima orang yang ke Jerman dan tiga orang ke Jepang,” katanya.

BACA JUGA: Targetkan Juara FLS2N Tingkat Jabar

Kepala Kantor Cabang Dinas KCD Pendidikan Wilayah XII Tasikmalaya Dr Abur Mustikawanto MEd  mengaku bangga atas prestasi yang dimiliki SMK BK Tasikmalaya. Karena  mampu meluluskan siswa yang  memiliki keterampilan dan sikap yang baik. 

“Semoga anak-anak mengikuti pembelajaran di SMK BK Tasikmalaya, mudah sukses dan lancar di masa depannya, baik yang melanjutkan ataupun membantu ekonomi keluarga,” ujarnya.

Sambung Abur, agar lebih baik lagi, lulusan SMK BK Tasikmalaya perlu menambahkan bahasa asing seperti Jepang, Inggris dan Jerman. Oleh karenanya, mari semangat menambahkan bahasa asing. “Perlu untuk meningkatkan skill bahasa asing. Kalau mempunyai bahasa asing seperti Jepang, bisa mendapatkan peluang luar biasa,” katanya. (riz)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: