8 Titik Longsor Terjadi di Cigalontang Tasikmalaya, 3 Rumah dan Jalan Diterjang Material tanah

8 Titik Longsor Terjadi di Cigalontang Tasikmalaya, 3 Rumah dan Jalan Diterjang Material tanah

Tim gabungan tengah melakukan evakuasi material longsoran di jalan raya penghubung Cidugalen dan Parentas, Kecamatan Cigalontang, Selasa 4 Oktober 2022.(istimewa-radartasik.com)--

KABUPATEN TASIKMALAYA, RADARTASIK.COM – Dari 8 titik longsor di Desa Parentas, Kecamatan Cigalontang, KABUPATEN TASIKMALAYA, evakuasi baru 1 titik karena tutupi Jalan Penghubung Cidugalen-Desa Parentas. 

Rencnaya, Tim Gabungan BPBD, TNI dan Polri akan melakukan evakuasi esok hari mengingat cuaca Selasa 04 Oktober 2022 terus mengguyur.

Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Derah Kabupaten Tasikmalaya, Kurnia Trisna Somanteri mengatakan, longsor yang diakibatkan hujan deras pada Senin 03 Oktober malam itu, terdapat 8 titik longsoran. Longsoran yang cukup besar berada di tiga titik dan lima titik lainnya tergolong skala kecil. 

"Itu termasuk rumah warga yang tertimpa longsor," katanya kepada radartasik.com, Selasa 04 Oktober 2022.

BACA JUGA:Bandingkan Jurusan Ilmu Keperawatan atau Farmasi Soal Peluang Kerjanya

BACA JUGA:Keterlaluan, 2 Pencuri Bawa Uang Anak Yatim di Masjid Lampung Barat, Aksinya Terekam CCTV

Menurutnya, proses evakuasi terkendala karena longsoran yang cukup besar dan cuaca kian sore tidak mendukung. Saat ini Jalan Cidugalen itu belum bisa di lalui oleh kendaraan roda empat. "Hanya bisa dilalui kendaraan roda dua saja," kata dia.

Setelah dilakukan assessment bencana tanah longsor, sedikitnya tiga rumah di Kampung Kanang dan Kampung Ciguntur rusak akibat tertimbun longsor.


Salah satu rumah yang diterjang material longsor di Cigalontang Kabupaten Tasikmalaya. -istimewa-radartasik.disway.id 

Selain bagian dinding ambrol, material tanah juga masuk ke dalam rumah. Beruntung, penghuni rumah lolos dari maut.

Kapolsek Cigalontang Iptu Dian menyatakan, selain 3 rumah yang diterjang longsor, tebing yang diperkirakan setinggi 10 meter itu turut menutup Jalan Parentas.

BACA JUGA:Pelaku Kasus Curanmor Ditangkap Saat Pulang ke Rumah, Padahal Ada Polisi Sudah Nyanggong

BACA JUGA:Pembangunan Kawasan Wisata Priangan Timur Bakal Digenjot, Disbudpar Jabar Tampung Keluhan Asosiasi Wisata 

Panjang longsoran mencapai 200 meter dengan kedalaman longsoran 50 centimeter. Kapolsek memastikan, hingga siang hari ribuan warga Desa Parentas sempat terisolir untuk akses pendidikan, kesehatan, ekonomi dan sosial lainnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: