Mengapa Usia Pasien Serangan Jantung di Indonesia Lebih Muda dari AS, Eropa dan Jepang, Ini Jawabannya

Mengapa Usia Pasien Serangan Jantung di Indonesia Lebih Muda dari AS, Eropa dan Jepang, Ini Jawabannya

Ilustrasi serangan Jantung -Martin Büdenbender dari Pixabay/FIN.co.id-

JAKARTA, RADARTASIK.COM - dr. Siska S Danny, SpJP(K), dokter spesialis jantung dan pembuluh darah dari Pusat jantung Nasional Harapan Kita menyebut usia pasien serangan jantung di Indonesia jauh lebih muda, ketimbang usia pasien serangan jantung di AS, Eropa dan Jepang.

Tingginya angka pasien serangan jantung di Indonesia yang berumur lebih muda dari Amerika, Eropa dan Jepang disebabkan salah satunya terkait kebiasaan merokok.

dr. Siska merujuk data pasien-pasien serangan jantung mencakup sembilan provinsi pada 2018-2019, yang menunjukkan  65 persen pasien serangan jantung adalah perokok.

"Ini sesuai dengan data nasional bahwa proporsi perokok di Indonesia termasuk salah satu yang tertinggi di dunia," kata dr. Siska.

BACA JUGA:Ini Perasaan Timnas Curacao Setibanya di Indonesia, Langsung Curhat di Media Sosial: Ini Adalah...

Bahkan 51 persen pasien serangan jantung di Indonesia juga mengalami hipertensi dan 27 persen menderita diabetes.

"Usia pasien serangan jantung di Indonesia median 57 tahun. Ini jauh lebih muda dibandingkan usia di Amerika atau Eropa antara 60-65 tahun,” lanjut dr. Siska S Danny, SpJP(K).

“Di Jepang, malah lebih tua lagi," ungkapnya dalam acara onlin ebertajuk “Cardiovascular medicine in 2022 and beyond: Adaptive, personalized and evidence-based”.

Serangan jantung terjadi ketika otot jantung kehilangan suplai darah, biasanya diakibatkan penyumbatan di arteri terdekat.

Menemukan tanda-tanda awal serangan jantung dan mendapatkan perawatan secepatnya menjadi momen yang sangat penting ketika terkena serangan jantung.

BACA JUGA:Kompres Demam dengan Air Hangat, dr Devi : Agar Pori-Pori Kulit Membuka

Seseorang yang mengalami serangan jantung akan merasakan nyeri di dada dan bagian tubuh lainnya ditambah gejala lainnya.

Karena serangan jantung bisa berakibat fatal, sangat penting untuk mengenali gejala.

Berikut gejala serangan jantung:

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: fin.co.id