KH Tetep Abdulatip: Tata Kelola Pertanian di Kabupaten Tasik Perlu Perbaikan, Petani Curhat Pupuk-Jalan Rusak

KH Tetep Abdulatip: Tata Kelola Pertanian di Kabupaten Tasik Perlu Perbaikan, Petani Curhat Pupuk-Jalan Rusak

Temasuk dalam segi permodalan. Petani masih memiliki kendala. 

Pemerintah harus hadir dan memberikan akses permodalan misalnya dengan permodalan perbankan dan lainnya. 

"Misalnya memberikan KUR dan lainnya. Nampaknya saat ini perbankan sangat hati-hati memberikan bantuan permodalan yang menjadi program pemerintah itu selama ini," kata KH Tetep Abdulatip. 

KH Tetep Abdulatip meminta, kebijakan pemerintah itu harus sejalan anatar Pemerintah Kabupaten Tasikmalaya dan juga Pemerintah Provinsi Jawa Barat. 

"Keberpihakan Provinsi pun untuk program-program yang rumpun pertanian anggarannya masih sangat kecil dibandingkan rumpun lainnya," kata KH Tetep Abdulatip.

KH Tetep Abdulatip juga meminta, pemerintah membangun infrastruktur ke wilayah-wilayah produksi pertanian untuk memudahkan para petani menanam dan menjual hasil taninya. 

"Jadi dari pusat produksi ke pemasaran infrastrukturnya relatif kurang bagus dan itu akan berpengaruh dari segi waktu dan biaya operasional," ujar KH Tetep Abdulatip.

Maka dari itu, KH Tetep Abdulatip berharap pemerintah bisa memperhatikan para petani mulai dari bibit, pupuk hingga infrastrukturnya. 

"Harapannya lebih diperhatikan sehingga tercipatanya swasembada pangan yang baik di Kabupaten Tasikmalaya," harap KH Tetep Abdulatip.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: