Tuntut Perbaikan Jalan Rusak, Warga Mekarmukti Mancing Ikan dan Menanam Pohon di Jalan

Tuntut Perbaikan Jalan Rusak, Warga Mekarmukti Mancing Ikan dan Menanam Pohon di Jalan

Tangkapan layar YouTube Jelajah Desa AKSI PROTES. Warga Kecamatan Mekarmukti melakukan aksi mancing ikan di kubangan jalan rusak sebagai bentuk protes kepada Pemkab Garut.-Istimewa-

GARUT, RADARTASIK.COM-Tuntutan perbaikan jalan rusak oleh warga Mekarmukti mencuat di media sosial YouTube.

Dalam video yang diunggah oleh kanal Jelajah Desa pada 17 Juni 2023, terlihat warga melakukan kerja bakti untuk memperbaiki jalan rusak tersebut.

Selama kerja bakti, beberapa warga juga melakukan kegiatan mancing ikan di kubangan jalan rusak, menanam pohon dan tanaman talas, serta menanam kapol di jalan berlubang.

”Kami warga Kecamatan Mekarmukti menuntut Bupati Garut untuk segera memperbaiki jalan yaitu jalur Mekarmukti dan Bungbulang secepatnya,” ujar seorang pria bertopi berbaju kaus biru di sela-sela gotong royong.

BACA JUGA:ASYIK! Disnaker Garut Gelar Gentra Karya Job Fair 2023, Ini Syaratnya

Gilang Ramadan, koordinator aksi tersebut, menjelaskan bahwa warga Kecamatan Mekarmukti sangat menginginkan perbaikan jalan rusak tersebut.

Oleh karena itu, secara spontan warga melakukan kerja bakti untuk memperbaiki jalan rusak dan saluran irigasi.

”Daripada menunggu yang tak pasti lebih baik kita perbaiki sendiri,” ujarnya.

”Jadi buat pemerintah sok omean jalanna (ayo perbaiki jalannya, Red),” ujar seorang perempuan berkerudung hitam, berkaus biru, dan berkulit putih usai mengangkut tanah menggunakan karung.

BACA JUGA:AKHIRNYA Gubernur Jabar Bentuk Tim Investigasi Pesantren Al Zaytun

Di sisi lain, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Garut telah menyiapkan dana sebesar Rp 15 miliar untuk memperbaiki jalan sepanjang 4 kilometer di Kecamatan Mekarmukti.

Dana tersebut berasal dari Bantuan Keuangan (Bankeu) Provinsi Jawa Barat. Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Garut, Luna Aviantrini, menjelaskan bahwa ada beberapa ruas jalan di wilayah selatan yang akan diperbaiki tahun ini.

Dalam konteks jalur Mekarmukti-Bungbulang, terdapat dua ruas jalan yang akan diperbaiki. Yang pertama adalah jalur Cikaro-Bungbulang-Mekarmukti, dan yang kedua adalah jalur Bungbulang-Cijayana-Mekarmukti.

Luna Aviantrini mengakui bahwa jalan rusak yang terlihat dalam video aksi warga Kecamatan Mekarmukti memancing ikan memang sudah masuk dalam daftar rencana perbaikan tahun ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: