Sebabkan Pengangguran, India Hadapi Gelombang Protes Karena Aturan Baru Sistem Rekrutmen Tentara

Sebabkan Pengangguran, India Hadapi Gelombang Protes Karena Aturan Baru Sistem Rekrutmen Tentara

Radartasik, Massa yang marah turun ke jalan di India selama dua hari terakhir memprotes usulan pemerintah untuk memperbaiki sistem rekrutmen militer negara itu yang menurut para kritikus dapat menyebabkan pengangguran dan membahayakan keamanan.

Seperti dilansir Reuters, protes pertama kali berkobar di negara bagian Bihar timur pada Rabu (15/06/2022) dan sejak itu menyebar ke negara-negara tetangga seperti Uttar Pradesh dan Haryana.

Para pemuda yang gelisah dengan usulan pemerintah tersebut  dilaporkan telah membakar kantor partai yang berkuasa di negara itu, menyerang infrastruktur kereta api, membakar beberapa kereta api dan mobil, memblokir jalan dan menyalakan ban di jalan-jalan menurut pejabat polisi India.

Pihak berwenang telah berusaha untuk mencegah para pengunjuk rasa dan polisi dilaporkan telah melepaskan tembakan peringatan di negara bagian utara Haryana setelah orang banyak melemparkan batu ke rumah seorang pejabat pemerintah.

Sementara itu, di distrik Palwal Haryana pihak berwenang setempat terpaksa mematikan akses internet seluler selama 24 jam ke depan dalam upaya mencegah penyebaran kekacauan.

Kemarahan itu muncul setelah pemerintah Perdana Menteri Narendra Modi mengumumkan perombakan proses rekrutmen untuk 1,38 juta tentara India yang bertujuan untuk menurunkan usia rata-rata personel militer dan mengurangi pengeluaran pemerintah.

Di bawah sistem baru yang diberi nama “Agnipath” (Jalan Api), pria dan wanita berusia antara 17 dan 21 yang memenuhi syarat untuk bergabung dengan angkatan bersenjata India hanya untuk masa jabatan empat tahun dan hanya satu dari empat rekrutan yang  diizinkan kembali untuk melayani secara permanen.

BACA JUGA:India Ingin Mengambil Aset Barat Yang Ditinggalkan di Rusia

Dalam sistem rekrutmen lama,  aturan memungkinkan pemuda antara 16-setengah dan 21 untuk mendaftar di tentara untuk masa jabatan minimal 15 tahun dan juga memberi mereka pensiun untuk layanan mereka.

Alasan ini membuat wajib militer dipandang sebagai jalur karir yang menarik bagi banyak pemuda karena memberikan gaji yang stabil dan tempat tinggal.

Sisitem Agnipath membuat peluang tersebut tidak dapat diakses oleh sebagian besar pemuda India yang sudah dihadapkan dengan tingkat pengangguran yang mengejutkan sebesar 26%.

“Ke mana kita akan pergi setelah bekerja hanya selama empat tahun?” seorang pengunjuk rasa mengatakan kepada kantor berita India ANI. “Kami akan menjadi tunawisma setelah empat tahun mengabdi.”

Sistem baru telah menyebabkan perdebatan sengit di antara calon tentara negara yang direkrut, veteran militer, pemimpin oposisi, bahkan anggota partai berkuasa Modi dan pengunjuk rasa sekarang meminta pemerintah untuk membatalkan reformasi yang diumumkan.

“Kami menuntut agar perekrutan dilakukan seperti yang dulu,” kata demonstran lain, menambahkan bahwa, “tidak ada yang mau masuk tentara hanya selama empat tahun.”

Salah satu anggota partai BJP Modi, Varun Gandhi  menulis surat terbuka kepada Menteri Pertahanan India Rajnath Singh memperingatkan di bawah sistem baru, 75% dari mereka yang direkrut akan menjadi pengangguran setelah kontrak empat tahun mereka habis.

“Setiap tahun, jumlah ini akan meningkat,” ungkap Varun Gandhi dalam sebuah posting di media sosial.

Politisi lain telah menekankan bahwa masa jabatan empat tahun yang diusulkan untuk rekrutan baru tidak akan cukup untuk menegakkan efektivitas tentara India.

Rahul Gandhi, pemimpin partai oposisi utama menyatakan dalam sebuah tweet, “Ketika India menghadapi ancaman di dua front, skema Agnipath yang tidak beralasan mengurangi efektivitas operasional angkatan bersenjata kita.”

Menurutnya partai yang berkuasa harus berhenti berkompromi, martabat, mempunyai tradisi, keberanian dan disiplin pasukan kita.

Pemerintah telah membela proposal tersebut dengan alasan aturan itu akan membawa "profil muda" yang lebih banyak ke militer India dan membawa perubahan transformasional menuju angkatan bersenjata yang lebih paham teknologi.

Sistem Agnipath dimaksudkan untuk memperkenalkan total 46.000 pemuda ke dalam kader reguler angkatan bersenjata tahun ini, di mana mereka diharapkan akan diberikan berbagai keterampilan dan pengalaman militer, disiplin, kebugaran fisik, kualitas kepemimpinan, keberanian dan patriotisme.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: russian today