Jenis-Jenis Kratom yang Ada di Dunia, Simak Karaktsristik dan Perbedaannya

Jenis-Jenis Kratom yang Ada di Dunia, Simak Karaktsristik dan Perbedaannya

Jenis-jenis kratom yang ada di Dunia.-Tangkapan layar [email protected]

1. Kratom Maeng Da

Sebuah varietas yang kuat dan populer ditanam di Thailand. Dikatakan memiliki efek yang lebih intens dan dapat memberikan energi yang tinggi, rasa relaksasi serta meningkatkan mood.

2. Kratom Bali

Sebuah varietas yang berasal dari Bali, Indonesia. Bali Kratom dikenal karena efeknya yang menenangkan dan meringankan rasa nyeri serta memberikan rasa afeksi yang lembut.

3. Kratom Borneo

Kratom yang berasal dari Pulau Borneo, Indonesia, memiliki efek yang sangat beragam. Dianggap memiliki efek yang lebih menenangkan, meredakan nyeri, dan mengatasi cemas.

4. Kratom Malay

Varietas ini berasal dari Malaysia dan dikenal karena efek energinya yang berkepanjangan. Beberapa orang menggunakannya untuk meningkatkan fokus dan performa fisik.

BACA JUGA: Jadwal Timnas Indonesia di Grup C Putaran Ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 Beserta Syarat Jika Ingin Lolos

Namun, harap dicatat bahwa penggunaan kratom sebaiknya dikonsultasikan terlebih dahulu dengan ahli atau praktisi medis.

Hal ini karena penggunaan yang tidak tepat dapat mengakibatkan efek samping yang serius, seperti yang sudah disampaikan pada artikel sebelumnya mengenai hasil penelitian dari Balitbangkes Kemenkes RI.

Hal senada ternyata disampaikan juga oleh Badan Pengawas Obat dan Makanan AS (FDA). FDA melaporkan hasil temuan mereka terkait kratom yang dianggapnya mengkhawatirkan.

Pada sebagian besar kasus yang membahayakan pengguna adalah kratom terkontaminasi dengan opioid lain, salah satunya hidrokodon. Kemudian informasi tentang jumlah dosis pada produk ini juga masih belum jelas. 

BACA JUGA: Bakteri Pemakan Daging di Jepang, Kenali Penyebab, Gejala dan Cara Penularan STSS

Memang sudah banyak dijelaskan bahwa penggunaan kratom dalam dosis besar pada jangka panjang dapat menyebabkan gejala putus obat dan efek samping yang serupa dengan opioid.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: