Banjir Bandang di Kota Banjar Telan 3 Korban, Puluhan Warga Lainnya Diungsikan

Banjir Bandang di Kota Banjar Telan 3 Korban, Puluhan Warga Lainnya Diungsikan

Tim gabungan di Kota Banjar mengevakuasi korban bencana alam saat simulasi, Kamis 16 November 2023. anto sugiarto / radartasik.disway.id--

BACA JUGA:Kenapa Asnawi Mangkualam Belum Gabung Persib? Ini Jawabanya dan Analisanya

"Semua tim nantinya saling berkoordinasi ketika terjadi bencana alam di musim penghujan pasca musim kering (kemarau panjang, Red)," terangnya. 

Pihaknya pun telah melakukan pemetaan daerah mana saja yang sering terjadi rawan banjir dan didapatkan ada sekitar 30 titik. 

Dua hingga 10 titik Sungai Citanduy perlu diantisipasi karena sering terjadi rawan luapan air ketika musim penghujan tiba. Terlebih jika terjadi hujan lebat dan kiriman air. 

"Kita telah siapkan 27 titik pos pantau untuk memantau curah hujan lebat dan menyampaikan ke masyarakat jika terjadi bencana," jelasnya.

BACA JUGA:Penasaran Spesifikasi Huawei Mate 60 Pro XMAGE Lagi Booming

Untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan terjadi, pihaknya menghimbau kepada masyarakat yang bermukim di sekitar bantaran sungai agar selalu waspada. 

Jika terjadi banjir bandang akibat curah hujan yang cukup tinggi maka harus segera melakukan evakuasi ke tempat yang lebih aman.

"Kalau bisa jangan tinggal dibantaran sungai, apalagi sepanjang sungai Citanduy antisipasi banjir di musim penghujan," tukasnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: