RESMI Bursa Karbon Diluncurkan, Pertamina Satu-Satunya Penjual yang Melantai di Pasar Karbon Indonesia

RESMI Bursa Karbon Diluncurkan, Pertamina Satu-Satunya Penjual yang Melantai di Pasar Karbon Indonesia

Pertamina satu-satunya penjual yang melantai di Pasar Karbon Indonesia.-Ilustrasi/Pertamina-

- PT Pertamina Patra Niaga

- PT Truclimate Dekarbonisasi Indonesia

- PT Udara Untuk Semua (Fairatmos)

BACA JUGA: Cegah Stunting di Tasikmalaya, PKBI Praktik Pembuatan Makanan Bergizi dengan Pangan Lokal

Dannif Danusaputro, CEO Pertamina NRE, mengatakan pengembangan bisnis karbon yang meliputi perdagangan karbon dan pengembangan proyek karbon, adalah salah satu prioritas Pertamina NRE dalam mendukung strategi Net Zero Emission Pertamina serta aspirasi keberlanjutan dan transisi energi Indonesia.

Selain proyek kredit karbon dari PLTP yang dikelola anak usaha PT Pertamina Geothermal Energy, pihkanya dalam jangka menengah akan mengembangkan proyek-proyek nature & ecosystem-based solutions (NEBS). Pengembangkan proyek-proyek NEBS salah satunya melalui kerja sama 9 konsesi kehutanan dengan Perhutani.

Demi tercapainya aspirasi keberlanjutan nasional, Pertamina akan terus bekerja sama dengan berbagai pihak dalam membangun pasar dan ekosistem karbon yang kuat, transparan dan terpercaya di Indonesia. 

Pertamina NRE berkomitmen kuat mendukung tujuan lembaga yang berkelanjutan (sustainable development goals).

BACA JUGA: Asmara Berujung Petaka, Kisah Cinta Bule Amerika di Kota Banjar

Itu dibuktikan dengan baru saja diraihnya nilai environmental, social and governance (ESG) sebesar 13 dari Sustainalytics, lembaga pemeringkat ESG global atau tergolong risiko rendah (low risk). 

Pertamina NRE juga menempati posisi ketiga terbaik dunia di sektor independent power producer and traders (IPP & traders).

Dalam peluncuran Bursa Karbon Indonesia, selain Presiden RI Joko Widodo hadir juga Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi RI Luhut Binsar Panjaitan.

Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan Mahendra Siregar. Direktur Utama Bursa Efek Indonesia Iman Rachman. Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati.

BACA JUGA: Lantai Rumah Warga Mangkubumi Tasikmalaya Terasa Panas Mendadak, Penyebabnya Terungkap

Direktur Utama Pertamina NRE Dannif Danusaputro. Direktur Perencanaan Strategis dan Pengembangan Bisnis Pertamina New & Renewable Energy Fadli Rahman selaku pihak penjual kredit karbon.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: