Lantai Rumah Warga Mangkubumi Tasikmalaya Terasa Panas Mendadak, Penyebabnya Terungkap

Lantai Rumah Warga Mangkubumi Tasikmalaya Terasa Panas Mendadak, Penyebabnya Terungkap

Dede Mulyana, warga Mangkubumi Kota Tasikmalaya, memperlihatkan lantai rumahnya yang teras panas mendadak, Selasa 26 September 2023. istimewa--

Lantai Rumah Warga Mangkubumi Tasikmalaya Terasa Panas Mendadak, Penyebabnya Terungkap

RADARTASIK.COM - Warga di Kampung Sindang Perbu, Kelurahan Mangkubumi, Kecamatan Mangkubumi, Kota Tasikmalaya, digegerkan oleh insiden lantai rumah salah satu penduduk yang tiba-tiba terasa panas. 

Lantai seluas 90x60 cm di bagian warung milik Dede Mulyana (60) ini masih terus terasa panas hingga Selasa 26 September 2023.

Dede menceritakan bahwa dia pertama kali menyadari lantai rumahnya terasa panas pada Minggu 24 September 2023 sore. 

BACA JUGA:Pemerintah Kabupaten Tasikmalaya Amankan 45 Ribu Hektare Lahan Sawah

"Saat itu, saya baru pulang dari pengajian, dan istri saya memberitahu saya bahwa keramik di warung terasa panas. Saya terkejut dan takut terjadi sesuatu yang buruk," ujarnya kepada wartawan, Selasa 26 September 2023.

Dia mencoba mengatasi masalah dengan meletakkan keset kaki basah di atas keramik yang panas tersebut. Namun, bukannya mengurangi panas, malah keset kakinya menjadi kering.

"Saya tidak bisa tidur sepanjang malam karena khawatir. Akhirnya, saya meminta anak saya untuk membongkar dua bagian keramik yang terasa panas itu. Saya merasa penasaran dan takut keramik tersebut meledak," tambah Dede. 

Pada malam itu, dia juga menghindarkan barang-barang elektronik dan tabung gas LPG dari area yang panas.

BACA JUGA:Ini Daftar 30 Bintang Muda Persib Dilatih Mantan Kapten Persija, Dihuni Striker Alumnus Uruguay

Keesokan harinya, Dede memutuskan untuk melaporkan masalah ini kepada Ketua RW setempat, yang selanjutnya menghubungi aparat pemerintahan setempat.

Setelah dilakukan pemeriksaan, ditemukan adanya kecurigaan terhadap jalur arde (kabel kutub negatif bumi instalasi listrik). "Posisi yang mencurigakan ada di kabel arde," ungkap Dede.

Akhirnya, warga menghubungi petugas PLN untuk melakukan pemeriksaan lebih lanjut. 

"Petugas PLN menyatakan bahwa terdapat kesalahan dalam instalasi listrik termasuk pemasangan yang salah. Meskipun sudah diperbaiki kemarin, lantai tersebut masih terasa panas hingga saat ini," lanjut Dede.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: