Wow ‘Harta Karun’ dari Tasikmalaya Tumbuh Subur di Pantai Sindangkerta, Musim Kemarau Tumbuh di Bebatuan

Wow ‘Harta Karun’ dari Tasikmalaya Tumbuh Subur di Pantai Sindangkerta, Musim Kemarau Tumbuh di Bebatuan

Rumput laut sebagai salah satu ‘harta karun’ dari Tasikmalaya yang juga tumbuh subur di Pantai Sindangkerta.-Foto:dok/radartasik.disway.id-

Wow ‘Harta Karun’ dari Tasikmalaya Tumbuh Subur di Pantai Sindangkerta, Musim Kemarau Tumbuh di Bebatuan

KAB.TASIK, RADARTASIK.COM - ‘Harta karun’ dari Tasikmalaya memang cukup banyak dan luar biasa. Tidak hanya berupa batu mulia saja, namun juga berbagai tumbuhan seperti dari tumbuhan laut yang tersebar luas di beberapa wilayah di Kabupaten Tasikmalaya.

’Harta karun’ dari Tasikmalaya yang saat ini sedang banyak tumbuh di pesisir Pantai Sindangkerta adalah rumput laut.

Di musim kemarau saat ini, banyak tumbuh subur rumput laut dan menjadi berkah bagi masyarakat sekitar Pantai Sindangkerta.

BACA JUGA:909 Orang Tenaga Kesehatan Dibutuhkan di Pemkab Tasikmalaya, Cek Contoh Surat Lamarannya

Beberapa peneliti pernah melakukan riset di Pantai Sindangkerta untuk menelaah ‘harta karun’ dari Tasikmalaya berupa rumput laut yang menjadi potensi sumber daya alam laut.

Rumput laut atau nama lainnya adalah Makroalga pernah diteliti oleh satu kelompok tim dari Fakultas Biologi Universitas Nasional yaitu Sri Handayani, Cipto Utomo, Nuraidah, Indrastiwi Pramuliati, dan Ahmad Fahreza, yang kemudian dipublikasikan mellaui jurnal.

Hasil penelitian tersebut makroalga atau rumput laut sebagai salah satu ‘harta karun’ dari Tasikmalya yang berasal dari tumbuhan laut memiliki kandungan yang dapat dijadikan bahan pangan.

Seluruh bagian yang ada pada rumput laut sebagai salah satu ‘harta karun’ dari Tasikmalaya ini dapat dimanfaatkan untuk sayuran, manisan, dan asinan.

BACA JUGA:1.507 Orang Guru Dibutuhkan di Pemkab Tasikmalaya, Ada Kuota untuk Disabilitas

Namun juga bisa digunakan untuk berbagai bahan obat-obatan, kosmetik, industri bioteknologi juga industri tekstil.

‘Harta karun’ dari Tasikmalaya ini kini banyak ditemukan di terumbu karang dan karang mati. Terlebih pada saat ini, sedang musim kemarau di Pantai Sindangkerta sedang tumbuh subur rumput laut sungai ‘harta karun’ dari Tasikmalaya yang dijadikan sumber makanan dan enghasilan oleh para nelayan.

‘Harta karun’ dari Tasikmalaya yang tumbuh subur di Pantai Sindangkerta yang pernah ditemukan para peneliti adalah:

Euchemaspinosum

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagi sumber