Nabung Sampah di Bank Sampah Sugema Bisa Dapat Logam Emas, Ku Bank Sampah Mah Milihan Runtah Jadi Barokah

Nabung Sampah di Bank Sampah Sugema Bisa Dapat Logam Emas, Ku Bank Sampah Mah Milihan Runtah Jadi Barokah

Proses pemilahan sampah di Bank Sampah Sugema.-Foto: istimewa-

Keberadaan Bank Sampah Sugema, tidak hanya bermanfaat untuk masyarakat sekitar saja. Bahkan bank sampah ini juga sudah memiliki nasbah di luar wilayahnya seperti beberapa sekolah di wilayah Kota Tasikmalaya.

BACA JUGA:Pasar Murah Rakyat Kota Tasik Jual Kebutuhan Pokok Lengkap, Harganya?

Banyaknya inovasi dan kegiatan yang dilaksanakan di Bank Sampah Sugema, ternyata menjadi daya tarik banaknya bank sampah dari wilayah lain yang datang untuk belajar atau study banding.

Terlebih saat ini pengembangan bank sampah juga mulai merintis penggunaan sistem digital untuk para nasabah, yaitu pembuatan apilasi nasabah yang dapat diakses oleh seluruh nasabah melalui android.

Isinya mulai dari jadwal pengumpulan sampah, penjemputan sampah yang sudah dipilah, saldo nasabah, pengambilan dan lainya sidah tersedia di aplikasi tersebut.

Dengan adanya bank sampah, tutur Aldy, berpengaruh pada volume sampah di lingkungannya. Masyarakt muali teredukasi dengan pilah sampah menjadi barang berharga daripada dibuang lebih baik ditabung.

BACA JUGA:Ramadan Hujan Bansos! Nih Ada 2 BLT Teranyar Begini Cara Mendapatkannya

"Makanya kami juga punya slogan Sugema itu artinya supaya gede manfaatna," tegas Aldy.

Ke depan, kata Aldy, untuk bisa lebih berinovasi dan mendapat ide-ide lain, dia berharap pemerintah juga bisa membawa para pengelola bank sampah untuk bisa belajar di bank sampah lain yang lebih baik.

Sehingga ada hal-hal baru yang dapat dijadikan ide. Sehingga bank sampah akan terus berkembang.

"Ada beberapa hal yang memamng masih belum kita miliki seperti alat pengolah sampah, lahan yang besar untuk penampungan, kemudian yang terpenting juga kita harus memiliki kemitraan dengan berbagai pihak, yang dapat menampung sampah-sampah yang kita pilah atau yang sudah kita olah," harapnya.

BACA JUGA:Pasar Murah Rakyat Kota Tasik Jual Kebutuhan Pokok Lengkap, Harganya?

Untuk kendala, bank sampah ini juga masih terkendala dengan minimnya pengetahun masyarakt tentang memilah sampah, sehingga perlu dilakukan edukasi kembali ke masyarakat.

Ketua Komisi III DPRD Kota Tasikmalaya, Enan Suherlan A.md., S.Th.I., S.H., M.M. menuturkan bila melihat semangat para pengelola bank sampah yang memamng harus ada apresiasi sehingga mereka tetap bersemangan mengelola sampah yang ada di lingkungannya. Melalui lomba bank sampah tingkat Kota Tasikmalaya diharapkan bisa jadi kotivasi untuk terus berinovasi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: