LENGKAP, Sejarah Panjang Pembangunan Jembatan Terpanjang di Kota Tasik Diceritakan Wali Kota

LENGKAP, Sejarah Panjang Pembangunan Jembatan Terpanjang di Kota Tasik Diceritakan Wali Kota

Suasana petang di jembatan terpanjang di Kota Tasik pada Selasa 14 Februari 2023.--Foto: Reza Rizaldi/Radartasik.com--

TASIK, RADARTASIK.COM – Wali Kota Tasikmalaya Periode 2012-2021 Budi Budiman mengungkap secara lengkap sejarah panjang pembangunan jembatan terpanjang di Kota Tasik.

Budi menjelaskan Jembatan Ciloseh —jembatan terpanjang di Kota Tasik— dirancang oleh Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil.

Jembatan ini merupakan bagian dari proyek strategis Jalan Lingkar Utara yang diproyeksikan memecah kemacetan arus lalu lintas di pusat kota.

”Alhamdulillah kita berterima kasih dan bersyukur hari ini sudah selesai. Artinya, jembatan yang terpanjang di Lingkar Utara telah tuntas,” paparnya, Rabu 15 Februari 2023.

BACA JUGA: KEREN KAN! Jembatan Terpanjang di Kota Tasik Jadi Spot Bernuansa Kekinian

”Jembatan terpanjang itu termasuk dari (proyek, red) Jalan Lingkar Utara tahap pertama. Tahap keduanya nanti dari arah Karangresik, Cipedes sampai ke Indihiang,” sambungnya.

Budi menerangkan awal dibuat Jalan Lingkar Utara yaitu ingin mengurai kemacetan di wilayah perkotaan.

Lalu, ia menceritakan tempo hari ke belakang jika kendaraan dari Garut, Singaparna, Cipatujah dan jalur Tasik Selatan mau ke arah Ciamis atau tujuan ke arah timur pasti melewati wilayah perkotaan Kota Tasikmalaya.


Wali Kota Tasikmalaya Periode 2012-2021 H Budi Budiman.-Istimewa-

”Melewati Kota Tasikmalaya itu ya cuma lewat saja tapi bikin macet karena jalurnya tak ada lagi. Yaitu, lewat jalur Pancasila dan Perempatan Lima (Jalan Mohammad Hatta),” terangnya.

BACA JUGA: Makin Keren! Jembatan Terpanjang di Kota Tasik Mudahkan Akses ke Bandara Wiriadinata dan Destinasi Wisata

Walaupun mau lewat Jalan Leuwidahu ke arah Awipari, Cibeureum, tetap saja semua harus melintasi rel kereta api. Makanya harus ada jalan tembus karena sudah ada Jalur Sewaka yang dua jalur menjadi jalur awal menuju Lingkar Utara.

”Saat itu sempat ada kendala karena ada beberapa jembatan. Yaitu, harus lewati Sungai Cihideung kalau tidak salah. Lalu flyover dan yang paling panjang Sungai Ciloseh,” bebernya.

Pembebasan Lahan dan Flyover Pertama

Budi pun menceritakan perjalanan dari awal jalur baru tersebut dikerjakan. Anggaran pembebasan lahan dari APBD Kota Tasik. Selama 2 tahun, pemkot kumpulkan uang hampir Rp 58 miliar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: