Ribuan Petugas Pantarlih Kota Tasikmalaya Dilantik, Akurasi Coklit Jadi Fokus Perhatian

 Ribuan Petugas Pantarlih Kota Tasikmalaya Dilantik, Akurasi Coklit Jadi Fokus Perhatian

Suasana sebelum pelantikan Pantarlih di salah satu kelurahan Kota Tasikmalaya, Minggu 12 Februari 2023.- -Istimewa--

TASIK, RADARTASIK.COM – Ribuan petugas Pemutakhiran Data Pemilih atau Pantarlih Kota Tasikmalaya dilantik pada Minggu 12 Februari 2023.

Pelantikan dilaksanakan Panitia Pemungutan Suara (PPS) atas nama Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Tasikmalaya di 69 kantor kelurahan.

Ketua KPU Kota Tasikmalaya Dr Ade Zaenul Mutaqin mengatakan total jumlah petugas Pantarlih yang dilantik untuk Pemilu 2024 sebanyak 1.995 orang.

Nantinya, mereka akan disebar ke 2.190 Tempat Pemungutan Suara (TPS).

BACA JUGA: KPU Kota Tasikmalaya Kukuhkan 207 Anggota PPS untuk Pemilu 2024, 60 Persen Wajah Baru

”Seluruh anggota Pantarlih juga diinstruksikan untuk selalu menjalin koordinasi di wilayah kerjanya masing-masing,” ujar Ade kepada wartawan.

Setelah dilantik, anggota Pantarlih akan langsung bekerja untuk melaksanakan pencocokan dan penelitian terhadap daftar pemilih.

”Petugas Pantarlih juga harus memperhatikan prinsip-prinsip akurasi, komprehensif, mutakhir, inklusif, transparan, responsif dan partisipatif,” tambahnya.

”Tugas tersebut sangat penting karena melayani hak konstitusional warga negara dalam menggunakan hak pilihnya,” sambung dia.

BACA JUGA: Keputusan Dapil Pemilu 2024 Kota Tasik Tetap 4 Dapil, Berikut Rinciannya

Ade berpesan kepada Pantarlih agar melaksanakan tugas tersebut dengan sungguh-sungguh dan sebaik-baiknya, dengan mengacu kepada aturan dan prosedur yang telah ditetapkan.

”Pastikan semua warga Kota Tasikmalaya yang telah memenuhi syarat sebagai pemilih terdaftar dalam daftar pemilih. Jangan ada yang terlewat,” pesannya.

Dikutip dari KPU Kabupaten Sukoharjo bahwa tugas dan kewajiban Pantarlih antara lain:

1. Tugas Pantarlih meliputi:

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: