Cara Cerdas Warga Indihiang Tasikmalaya Sulap Gang Sempit Jadi Lahan hijau Bermedia Banner Bekas

Cara Cerdas Warga Indihiang Tasikmalaya Sulap Gang Sempit Jadi Lahan hijau Bermedia Banner Bekas

Polsek Indihiang dan Lurah Panyingkiran, Kecamatan Indihiang, saat meninjau sayuran yang ditanam warga di gang sempit, Rabu 25 Januari 2023. -istimewa-radartasik.disway.id

TASIKMALAYA, RADARTASIK.COM – Dorongan kuat dari warga Kampung Sindangsari, RW  11 Kelurahan Panyingkiran, Kecamatan Indihiang, Kota TASIKMALAYA ingin wilayhnya hijau, akhirnya terwujud. Meski tak memiliki areal khusus, gang sempit jadi lahan hijau ternyata bukan perkara yang sulit.

Bisa ditengok, cara cerdas warga dengan bermedia banner bekas, gang dihiasi dengan dedaunan hijau dari tanaman sayuran seperti seledri, bawang daun, pokcoy, kangkung dan bayam.

Gerakan yang diinisiasi warga setempat dibantu TNI dan Kepolisian serta kelurahan setempat, selain membuat kawasan hijau juga bisa memenuhi kebutuhan pangan secara mandiri.

Ketua RW 11 Kelurahan Payingkiran, Burhanudin mengatakan, melalui inovasi pertanian bermedia banner bekas ini, lahan sempit di wilayahnya jadi hijau dengan berbagai tanaman sayuran.

BACA JUGA:Konversi Motor BBM Jadi Motor Listrik, Pemerintah Gelar Pelatihan Teknis Konversi di DKI

"Awalnya dari pot karena warga mungkin tidak punya lahan. Akirnya punya inisiatif dan punya ide dari bekas spanduk saja," paparnya.

"Akhirnya dicoba menjahit bannernya. Kemudian digantung di pinggir gang. Alhamdulillah tadi dengan Pak Kanit Binmas dan Pak Lurah sudah melihat hasilnya dan sangat puas," sambungnya.

Bagi warga, terang dia, dari gang sempit jadi lahan hijau ini menjadikan mereka mudah mendapatkan sumber makanan. Khususnya sayur mayur yang ditanam ini lebih jelas perawatannya dan harganya lebih murah. 

"Warga mengusulkan agar hasil tanaman tersebut dijadikan tambahan lauk. Dari situ saya berpikir caranya agar hasil tanam ini bisa mendapatkan nilai jual lebih lagi," terangnya.

BACA JUGA:Komentar Kekecewaan Bobotoh soal Laga Persib vs Borneo FC Tanpa Penonton: Kandang Rasa Partai Usiran

Kegiatan yang dilakukan oleh warganya ini, beber dia, rupanya menarik perhatian pihak Kepolisian. Bahkan, Anggota Polisi dan TNI serta Lurah Payingkiran berkunjung membantu warga menyiapkan banner bekas untuk media tanaman yang digantung di gang sempit itu.

Sementara itu, Kapolsek Indihiang, Polres Tasikmalaya Kota, Kompol H Iwan menuturkan, pemanfaatan gang sempit di tengah kota oleh warga merupakan wujud kreativitas yang positif.

Karena selain dapat menjaga ketahanan pangan, juga untuk memanfaatkan limbah plastik dari bekas spanduk.

"Ini hasil kolaborasi Panit Binmas Polsek indihiang yang bersinergi dengan Anggota Koramil Indihiang berhasil mendorong warga untuk melakukan terobosan kreatif," tuturnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: