Konversi Motor BBM Jadi Motor Listrik, Pemerintah Gelar Pelatihan Teknis Konversi di DKI

Konversi Motor BBM Jadi Motor Listrik, Pemerintah Gelar Pelatihan Teknis Konversi di DKI

Kementerian ESDM sukses konversi motor listrik tahun 2022.--Dok. ESDM/Disway--

JAKARTA, RADARTASIK.COM – Pemerintah terus mendorong masyarakat melakukan konversi motor BBM jadi motor listrik.

Salah satu upaya pemerintah mewujudkan ini adalah memberikan pelatihan teknis konversi sepeda motor BBM menjadi motor listrik pada tahun 2023.

Paling anyar nih, sebanyak 22 warga DKI Jakarta mengikuti pelatihan teknis konversi sepeda motor BBM jadi sepeda motor listrik.

Pelatihan itu digelar di Kampus Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia, Ketenagalistrikan, Energi Baru, Terbarukan dan Konservasi Energi (PPSDM KEBTKE) Kementerian ESDM, Jakarta, 24-31 Januari 2023.

BACA JUGA: 4 Provinsi Buka Pemutihan Pajak Kendaraan, Ayo Manfaatkan Agar Data STNK Tidak Dihapus

Pelatihan teknis tersebut merupakan pelatihan angkatan 1 tahun 2023 yang diselenggarakan hasil kerja sama antara PPSDM KEBTKE dengan Balai Besar Survei dan Pengujian (BBSP) KEBTKE.

Saat membuka pelatihan, Kepala PPSDM KEBTKE Susetyo Edi Prabowo mengatakan penggunaan kendaraan pribadi menjadi salah satu penyumbang konsumsi bahan bakar fosil yang meningkatkan emisi dan memberikan pengaruh buruk bagi kesehatan dan lingkungan.

Karena itu, lanjut dia, dibuatlah kebijakan transisi energi yakni menggantikan penggunaan sumber energi fosil jadi sumber energi baru dan terbarukan secara bertahap.

Dia memasang target target 23 persen penggunaan energi baru dan terbarukan pada tahun 2025.

BACA JUGA: Hore..! STNK Mati Pajak, Motor Tidak Langsung Bodong Permanen, Simak Penjelasan Brigjen Pol Yusri Yunus

Target itu pun didorong pula komitmen Indonesia untuk mengurangi emisi hingga 29 persen pada tahun 2030.

Salah satu misi dari capaian transisi energi ini adalah peralihan dari kendaraan berbahan bakar BBM menuju penggunaan kendaraan listrik.

”Sepeda motor menjadi salah satu target dari konversi penggunaan kendaraan listrik, mengingat sepeda motor merupakan andalan mobilitas masyarakat Indonesia karena aksesibilitas dan keterjangkauannya,” katanya dilansir laman ESDM.

”Sepeda motor BBM konvensional dapat dikonversi menjadi sepeda motor listrik. Namun dengan tetap mengedepankan performa serta kualitas sehingga layak untuk dipakai sehari hari,” tambah dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: