Master Letnan

Master Letnan

Pangdam V Brawijaya Mayjen TNI Farid Makruf, M.A dan Founder Dahlan Iskan tampak tertawa lepas saat berbincang di kantor Harian Disway.--Boy Slamet--

Jokosp Sp

Tahlil atau Tahlilan, dimulai dari malam pertama setelah kematian, kemudian hari ke tujuh ( mitung dino ), kemudian hari ke dua puluh lima ( nyelawe ), kemudian hari ke empat puluh ( matang puloh ), kemudian hari ke seratus ( nyeratus ), lanjud hari ke seribu ( nyewu ). Beda daerah bisa beda hitungan hari pelaksanaan tahlilnya. Kalau baru ke seratus ( 100 ) kok sudah sepi ?. Memang, tahlilan bisa dilaksanakan di mana - mana. Bisa di rumah anaknya, di rumah sendiri ( orang tuanya ), di lokasi kejadian, di mushola/ mesjid dan lainnya.

Parto Dookar

Bulan redup. semburatnya tipis terserak ditelikung mendung pas diujung atas tribun. hening. diatas kanjuruhan. kutatap nanar kelebat burung gares. jenak kasak-kusuk soal cuil cerita moyang bumi. yang dikebiri buram bulan. diatas Kanjuruhan.

Saifudin Rohmaqèŕqqqààt

Saya sangat kagum dengan antusias suporter arema. Bahkan di asia, antusiasnya mengalahkan Jepang dan Korea. Saya berikan applause kepada suporter aremania. Buktinya antusia itu apa? Dulu di bulan Maret 2007, Arema mengikuti liga champion asia. Kala itu melawan , Kawasaki Frontale dari Jepang. Stadion Gajayana tak mampu menampung suporter.. 30.000 suporter hadir langsung. Riuh rendah stadion. Bendera berkubar kibar. Tidak ada tragedi. Walau kala itu Arema menelan kekalahan dari wakil Jepang itu. Dan ketika Arema melawat ke jepang, suporter klub di Jepang, hanya sepuluh ribuan yg hadir di stadion sana. Kalah jauh dari aremania. Aremania memang luar biasa.

bagus aryo sutikno

TAHLIL KANJURUHAN. Tahlil itu cuma casing, ibadahnya ya wiridan biasa, dzikrulloh. Ada casing lain bernama Al matsurot. Tahlil itu ibadah yg unik. Rangkaian doa dan keluhan diutarakan bersama2 ke hadapan Tuhan. Dalam tahlil gak ono petani, guru atau nelayan. Onone ming makhluk. Ndedungo nyenyuwun marang panguoso jagat. Indah sekali bukan. Dalam tahlil kita melupakan, melupakan si fulan bin fulan yg pergi jauh dan tak kembali. Dengan tahlil kita antar kepergiannya. Luar biasa. Dalam tahlil kita mengingat, mengingat-ingat si fulan bin fulan. Kepergiannya tidak membuat kita berpisah, justru ingat terus. Dan yg telah tiada, akan senantiasa hidup dan hadir di sanubari kita. Tahlil, ritual yg indah. 

Kalender Lengkap

Sebenarnya gak perlu heran kenapa sepi. Saya ingat dalil yang biasa dipegang Abah, peristiwa apa pun angetnya ya cuma 40 hari. Tapi dalil ini sanadnya ga jelas dan saya khawatir ada yang mengkategorikannya sebagai bi't'ah.

Muh Nursalim

Katanya stadion kanjuruhan akan dihancurkan, mo diganti sekelas JIS di jakarta. Semoga kalau tiadak tahun ini ya tahun depan. Bila tahun depan belum ya tahun depannya lagi. Sampai presiden baru dilantik.

Rihlatul Ulfa

Tragedi kanjurahan ada di malang. aremania adalah julukan sang pahlawan mereka pergi untuk bergembira ria duka lara yang menyambutnya pagi pagi buta adakah keadilan yang terselip disana? iringan doa menjadi bagian akhir dari skema mereka lelah dan hancur tapi seolah semua hilang terkubur.

EVMF

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: