200 Pahlawan Nasional Indonesia Salah Satunya KH Zainal Musthafa Dimakamkan di Kampung Ini

200 Pahlawan Nasional Indonesia Salah Satunya KH Zainal Musthafa Dimakamkan di Kampung Ini

Joko Sudarmawan (kedua kanan) berziarah ke makam Pahlawan Nasional Indonesia KH Zainal Musthafa tahun 2012.bersama anggota Forum Peduli Tasik.-istimewa-

200 Pahlawan Nasional Indonesia Salah Satunya KH Zainal Musthafa Dimakamkan di Kampung Ini

JAKARTA, TADARTASIK.COM - Joko Sudarmawan adalah anak pejuang kemerdekaan Indonesia. Makanya penghargaannya kepada para Pahlawan Nasional Indonesia begitu tinggi.

Suatu hari ketika menjabat Kepala Kantor Pos Tasikmalaya, Joko Sudarmawan teringat seorang Pahlawan Nasional Indonesia yang berasal dari Tasikmalaya.

Dia lalu mencari informasi tentang Pahlawan Nasional Indonesia dari Tasikmalaya itu.

KH Zainal Musthafa, sosok inilah yang menjadikan Joko Sudarmawan begitu ingin tahu banyak informasinya.

BACA JUGA:Usai Cetak Brace ke Gawang Persib, Pemain Persebaya Ini Masuk 5 Daftar Top Skorer Sementara Liga 1, Siapa Dia?

Hingga diperoleh informasi lengkap asal daerah, hingga makam sang Pahlawan Nasional Indonesia dari Tasikmalaya itu.

Dia kemudian mengatur waktu untuk berziarah ke makam KH Zainal Musthafa yang berada di Kecamatan Sukarame Kabupaten Tasikmalaya.

Berikut tuturan Joko Sudarmawan ketika bertugas di Tasikmalaya mencari jejak sosok kiai yang jadi Pahlawan Nasional Indonesia.

Kemerdekaan Republik Indonesia, menurut Joko Sudarmawan, adalah kemerdekaan sebuah bangsa yang berbeda dengan kemerdekaan bangsa lain.

BACA JUGA:Cara Mengajukan Rice Cooker Gratis dari Pemerintah, Pelajari Aturannya!

Indonesia merdeka bukan karena pemberian dari negara penjajahnya. Tetapi kemerdekaan Indonesia murni direbut melalui perjuangan seluruh rakyatnya.

“Indonesia memperoleh kemerdekaan karena mengusir penjajahnya. Indonesia satu-satunya negara d dunia yang memiliki sejarah demikian,” kata Joko Sudarmawan.

Lanjut Joko, banyak pejuang yang gugur dalam perjuangan merebut kemerdekaan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: