APBD Kabupaten Tasikmalaya Tahun 2023 Difokuskan untuk Peningkatan Indeks Pembangunan Manusia

APBD Kabupaten Tasikmalaya Tahun 2023 Difokuskan untuk Peningkatan Indeks Pembangunan Manusia

Ketua DPRD Kabupaten Tasikmalaya Asep Sopari Al-Ayubi dan Sekda Kabupaten Tasikmalaya Dr H Mohamad Zen berjabat tangan saat Rapat Paripurna APBD Kabupaten Tasikmalaya Tahun 2023, Rabu, 30 November 2022. Foto: ujang nandar/radartasik.com --

"Kami juga yakin dengan tiga sektor itu menjadi fokus IPM Kabupaten akan meningkat. Tidak lagi ke dua terendah di Jawa Barat," kata Asep Sopari Al-Ayubi optimis. 

Sementara itu Wakil Ketua DPRD Kabupaten Tasikmalaya H Ami Fahmi menjelaskan penetapan APBD Kabupaten Tasikmalaya tahun 2023 sudah dilaksanakan melalui Rapat Paripurna Persetujuan APBD Kabupaten Tasikmalaya 2023.

Dalam penetapan APBD Kabupaten Tasikmalaya 2023 tersebut, kata Ami Fahmi, ada beberapa hal baru.

Salah satu hal yang baru tersebut yaitu biasanya peruntukan DAU atau dana alokasi umum tidak diarahkan oleh pemerintah pusat. 

Namun kini peruntukan DAU diatur pemerintah pusat. Padahal biasanya dana peruntukan yang diatur pemerintah pusat yaitu DAK. 

"Dengan itu pada akhirnya akselerasi pembangunan tidak optimal, karena sudah ada arahan dari pusat," kata Ami Fahmi.

Ami Fahmi menilai, tidak semua Kota dan Kabupaten di Indonesia membutuhkan pembangunan tiga sektor itu. Mungkin daerah lainnya membutuhkan anggaran pendidikan yang lebih, kesehatan lebih termasuk infrastruktur lebih. 

"Memang semua menjadi prioritas untuk menunjang pelayanan minimal, tetapi karena hari ini otonominya setengah-setengah, sehingga pemerintah pusat tidak mau melepaskan terhadap otoritas di daerah," kata legislator DPRD Kabupaten Tasikmalaya dari PKB ini.

Saat APBD Kabupaten Tasikmalaya Tahun 2023 difokuskan untuk bidang pendidikan, kesehatan dan infrastruktur, maka pembangunan sektor lainnya akan terganggu. 

"Saat ini (bidang) sosial dan pemulihan ekonomi pasca pandemi juga masih butuh untuk segera bangkit,” ujarnya. 

“Beberapa hal yang diskemakan juga akan terganggu termasuk visi dan misi kepala daerah yang visi dan misinya pengembangan agrowisata, penanganan PMK dan lainnya," kata Ketua DPC PKB Kabupaten Tasikmalaya ini. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: