APBD Kabupaten Tasikmalaya Tahun 2023 Difokuskan untuk Peningkatan Indeks Pembangunan Manusia

APBD Kabupaten Tasikmalaya Tahun 2023 Difokuskan untuk Peningkatan Indeks Pembangunan Manusia

Ketua DPRD Kabupaten Tasikmalaya Asep Sopari Al-Ayubi dan Sekda Kabupaten Tasikmalaya Dr H Mohamad Zen berjabat tangan saat Rapat Paripurna APBD Kabupaten Tasikmalaya Tahun 2023, Rabu, 30 November 2022. Foto: ujang nandar/radartasik.com --

TASIKMALAYA, RADARTASIK.COM – Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah atau APBD Kabupaten Tasikmalaya Tahun 2023 difokuskan untuk peningkatan indeks pembangunan manusia.

Untuk meningkatkan indeks pembangunan manusia di Kabupaten Tasikmalaya, maka APBD Kabupaten Tasikmalaya Tahun 2023 difokuskan untuk tiga bidang yaitu pendidikan, kesehatan dan infrastruktur.

Ketua DPRD Kabupaten Tasikmalaya, Asep Sopari Al-Ayubi menjelaskan, bidang pendidikan, kesehatan dan infrastruktur akan lebih meningkatkan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) di Kabupaten Tasikmalaya yang saat ini kedua terendah di Jawa Barat.

Menurut Asep Sopari Al-Ayubi dengan difokuskannya APBD Kabupaten Tasikmalaya pada bidang pendidikan, kesehatan dan infrastruktur dipandang positif dalam penilaian pemerintah pusat. 

"Kebetulan tiga bidang itu (pendidikan, kesehatan dan infrastruktur) menyumbang IPM, sehingga dengan fokus tiga bidang itu harus memahami dan mendukungnya," kata Asep Sopari Al-Ayubi saat Rapat Paripurna DPRD Kabupaten Tasikmalaya terkait Persetujuan Penetapan Ranperda APBD Kabupaten Tasikmalaya Tahun anggaran 2023 di Gedung Paripurna DPRD Kabupaten Tasikmalaya, Rabu 30 November 2022. 


Rapat Paripurna DPRD Kabupaten Tasikmalaya terkait Persetujuan Penetapan Ranperda APBD Kabupaten Tasikmalaya Tahun anggaran 2023 di Gedung Paripurna DPRD Kabupaten Tasikmalaya, Rabu 30 November 2022. Foto: ujang nandar/radartasik.com--

Penetapan tiga sektor yang menjadi fokus dalam APBD Kabupaten Tasikmalaya Tahun 2023 telah sesuai arahan dari pemerintah pusat. 

Namun demikian, pihaknya masih menunggu Peraturan Menteri Keuangan soal anggaran tersebut. 

"Karena sampai saat ini belum mendapatkan arahan juga akan hal itu. Karena biasanya supaya lebih tajam lagi tertuang diatur oleh Kementerian Keuangan," kata Asep Sopari Al-Ayubi.

Bila nanti ada penyesuaian kembali terkait APBD Kabupaten Tasikmalaya tahun 2023, kata Asep Sopari Al-Ayubi tidak menjadi masalah. Yang penting ada kesepakatan bersama antara anggota dan pimpinan DPRD Kabupaten Tasikmalaya. 

"Untuk bidang lainnya akan tetap ada anggaran, karena bisa menggunakan anggaran lainnya, seperti Banprov dan DAK juga sama ada anggarannya,” ujar legislator DPRD Kabupaten Tasikmalaya dari Partai Gerindra ini.

“Tetapi yang lebih penting yakni ada fokus prioritas dan memang untuk Kabupaten Tasikmalaya ini yang paling ketinggalan itu tiga bidang itu (kesehatan, pendidikan dan infrastruktur, Red). Itu hasil dari penilaian pemerintah pusat," jelas dia.

Bidang kesehatan, pendidikan dan infrastruktur akan menyumbang IPM di Kabupaten Tasikmalaya di 2023.

Saat ini IPM Kabupaten Tasikmalaya berada di posisi ke-2 terendah di Jawa Barat. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: