Hati-hati! Pondasi Jembatan Ciloseh Ahmad Yani Longsor Lagi, Pj Wali Kota Hujan-hujanan

Hati-hati! Pondasi Jembatan Ciloseh Ahmad Yani Longsor Lagi,  Pj Wali Kota Hujan-hujanan

Pj Wali Kota hujan-hujanan meninjau pondasi Jembatan Ciloseh Ahmad Yani yang longsor, Kamis 24 November 2022 malam.- Rezza Rizaldi-radartasik.disway.id

TASIKMALAYA, RADARTASIK.COM - Jembatan Ciloseh Ahmad Yani, Kecamatan Tawang, Kota Tasikmalaya, kembali longsor, Kamis 24 November 2022 petang tadi.

Beberapa bulan lalu, pondasi bagian selatan longsor hingga membuat permukaan aspal jalan reta-retak. Petang tadi sekitar pukul 17.30 WIB, Jembatan Ciloseh Ahmad Yani longsor lagi pada pondasi bagian utara atau bagian seberang dari longsor sebelumnya, saat hujan deras mengguyur Kota Tasikmalaya.


Pondasi Jembatan Ciloseh Ahmad Yani longsor, Kamis 24 November 2022 malam.- Rezza Rizaldi-radartasik.disway.id

Longsor tadi petang juga mengakibatkan tiang-tiang milik Telkom dan beberapa vendor internet hampir ambrol ke dasar sungai. 

Sebab, pondasinya sudah tergerus aliran air Sungai Ciloseh yang deras.

BACA JUGA:10 Kado Buat Guru di Sekolah Tepat di Hari Guru Nasional 2022

Penjabat (Pj) Wali Kota Tasikmalaya, Cheka Virgowansyah turun langsung ke lokasi. 

Di bawah guyuran hujan, orang nomor 1 di Kota Tasikmalaya ini melihat pondasi jembatan yang longsor. 

Kemudian, Pj Wali Kota Hujan-hujanan melihat pondasi TPT Sungai Ciloseh di dekat lokasi jembatan yang juga turut ambrol digerus derasnya aliran Sungai Ciloseh.

"Di lokasi ini ada 2 titik yang longsor. Di pinggir jembatan dan di seberangnya TPT. Yang diseberangnya besok akan dipasang bronjong agar tak makin parah," ujar Cheka.

BACA JUGA:Lowongan Kerja Terbaru CV Makmur Permata untuk Pendidikan Minimal SMA, Hari Jumat Deadline Lamaran

"Kalau yang pinggir jembatan, kita sudah koordinasi dengan pihak PDAM dan Telkom. Karena ada tiang Telkom dengan beberapa kabel internet. PDAM besok akan dibereskan jalurnya agar tak membebani jembatan," sambungnya.

Terang dia, bentangan kabel-kabel internet kini tengah diusahakan pihak dinas teknis yaitu PUTR dan Telkom agar tak menambah beban berat. 

"Kabel tak berpengaruh ke jembatan, hanya yang berpengaruh di tiang ujung sana. Kalau pipa PDAM memang sudah tak ada pondasinya. Jadi membebani jembatan," terangnya.

Sumber: