Peserta Pelatihan Jurnalistik Radar Tasikmalaya Group Langsung Praktik Peliputan dan Pembuatan Berita

Peserta Pelatihan Jurnalistik Radar Tasikmalaya Group Langsung Praktik Peliputan dan Pembuatan Berita

Penyerahan Cinderamata dari Direktur Radar Tasikmalaya Group, Dadan Alisundana kepada Wakil Rektor Bidang Umum dan Keuangan Dr Gumilar Mulya didampingi Kepala Biro Umum dan Keuangan Drs Nana Sujana MSi di Hotel Horison Kota Tasikmalaya, Senin 07 Novenber -evet suhendar-radartasik.disway.id

Arif menambahkan, dalam berita jurnalistik ini juga ada karateristik bahasa. Yaitu harus ringkas, jelas, padat, jangan diulang-ulang kalimatnya dan lain sebagainya.

Jabatan Fungsional Analis Kepegawaian Ahli Muda Biro Umum dan Kepegawaian Unsil, Salman Alfarisi menuturkan, melalui pelatihan jurnailistik ini, para peserta setidaknya bisa memberitakan peristiwa kegiatan.

BACA JUGA:Soal Wacana Impor Beras di Tengah Panen Raya, Mentan Syahrul Yasin Limpo Sampai Ucapkan Kata 'Gila'  

Tentu saja kegiatan yang terjadi di fakultas masing-masing maupun di lingkungan rektorat.

"Dan nanti menjadi bahan kami untuk diinformasikan di website Unsil. Jadi setelah diberikan teknik jurnalistik, kemampuan memburu berita, menangkap informasi, menyusun narasi agar enak dibaca dengan informatif serta kemampuan dari teknik pengambilan serta pengelolaan website, bisa dikuasai dan diterapkan," tuturnya.

Termasuk, jelas Salman, bisa melakukan wawancara kepada narasumber berita serta menyusun narasi. 

Karena nanti semua kegiatan di fakultas dan aktivitas akademik di Unsil diinformasikan melalui website. 

BACA JUGA:Pemkot Tasikmalaya Kaji Kebijakan Pemanfaatan Panel Surya, Sumber Energi Listrik Ramah Lingkungan

"Peserta dari kita ini dari masing-masing unit seperti di unit fakultas dan rektorat. Peserta adalah tenaga pendidikan di unit tersebut sebanyak 23 orang," jelasnya.

Sebelumnya saat pembukaan Sabtu 05 November 2022 lalu, Rektor Unsil, Dr Ir Nundang Busaeri MT bersama Direktur Radar Tasikmalaya Group, Dadan Alisundana membuka pelatihan jurnalistik yang diikuti para tenaga kependidikan tersebut.

Selama 3 hari pelatihan jurnalistik, para peserta akan mendapatkan materi tentang jurnalistik dasar, pembuatan naskah berita, foto berita, teknik peliputan, pengumpulan data, teknik wawancara, mengenal redaksi media dan kerja sama media. 

Materi lainnya yaitu tata kelola website dan alat pendukung, teknik mengelola jaringan website, konten website, foto website, teknik pembuatan video, teknik video animasi, televisi digital dan media sosial. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: