Kota Tasikmalaya Mulai Terapkan KTP-El Digital, Diakses Mudah Ini Caranya

Kota Tasikmalaya Mulai Terapkan KTP-El Digital, Diakses Mudah Ini Caranya

Radartasik, KOTA TASIK – Implementasi dan Instalasi Identitas Kependudukan Digital (KTP-el Digital) kini sudah bisa diakses untuk warga Kota Tasikmalaya. Ini merupakan layanan dari Pemerintah Kota (Pemkot) Tasikmalaya untuk masyarakat. 

Implementasi ini dimulai di Gerai Disdukcapil pada Mall Pelayanan Publik (MPP) Kompleks Bale Kota Tasikmalaya, Jalan Letnan Harun. Senin (27/06/22), Wali Kota Tasikmalaya, H Muhammad Yusuf meresmikan implementasi dan Instalasi Identitas Kependudukan Digital (KTP-el Digital).

"Jadi ini adalah aplikasi baru dari Disdukcapil, yaitu KTP digital. Jadi semua data kependudukan milik pribadi bisa diupload ke aplikasi itu," ujar Yusuf.

BACA JUGA:Nama di KTP Tetap Boleh Satu Kata, Paling Panjang Sebanyak 60 Karakter

"Silakan lewat playstore aplikasinya unduh dan dipergunakan. Saya sudah gunakan dihape saya. Ini adalah salah satu bentuk pelayanan kepada masyarakat yang semakin mudah. Tinggal dibuka di hapenya," sambungnya.

Yusuf mengulkas, jika pengguna aplikasi butuh KTP dan KK tinggal klik di aplikasi tersebut. Sehingga ketika berada di luar rumah, data tersebut masih bisa diperoleh dengan cara mengakses aplikasi itu. 

"Termasuk data kendaraan pribadi juga bisa. NPWP juga bisa. Termasuk vaksin yang telah dilakukan kita, juga bisa. Tapi hanya pribadi ya, tak bisa melihat yang orang lain. Jadi lebih ke rahasia pribadi kita ada di aplikasi tersebut," terangnya.

BACA JUGA:Lebih Dari 17 Ribu Warga Kota Tasik Belum Perekaman KTP-El

Hal ini menurut Yusuf, suatu perubahan yang sangat bagus dalam rangka meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. Pihaknya akan terus melakukan pelayanan kepada masyarakat lebih baik lagi.

Kepala Disdukcapil Kota Tasikmalaya, H Imih M Munir menuturkan, KTP-el Digital ini adalah identitas kependudukan yang disajikan secara digital.

"Jadi informasi elektronik yang digunakan untuk merepresentasikan dokumen kependudukan dan data balikan dalam aplikasi digital melalui gawai yang menampilkan data pribadi sebagai identitas yang bersangkutan," tuturnya.

BACA JUGA:Puluhan Warga Binaan Ikut Perekaman e-KTP

Imih menambahkan, fungsi dari identitas kependudukan digital ini adalah pembuktian identitas, otentikasi identitas dan otorisasi identitas. 

Sehingga, kata dia, manfaat dan keuntungan identitas digital kependudukan ini sangat banyak. Seperti pelayanan adiminstrasi kependudukan lebih mudah, cepat, efektif dan efisien.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: