WHO Ingatkan Negara-Negara Mewaspadai Cacar Monyet, Ini Perbedaan Cacar Monyet dengan Cacar Air

WHO Ingatkan Negara-Negara Mewaspadai Cacar Monyet, Ini Perbedaan Cacar Monyet dengan Cacar Air

- Sakit kepala

- Nyeri otot

Pembengkakan kelenjar getah bening, yang ditandai dengan benjolan di leher, ketiak, atau selangkangan.

Gejala awal cacar monyet dapat berlangsung selama 1–3 hari atau lebih. Setelah itu, ruam akan muncul di wajah dan menyebar ke bagian tubuh lain, seperti lengan atau tungkai.

Ruam yang muncul akan berkembang dari bintil berisi cairan hingga berisi nanah, lalu pecah dan berkerak, kemudian menyebabkan borok di permukaan kulit. Ruam ini akan bertahan hingga 2–4 minggu.

Cacar Air

Cacar air (chickenpox) pernah menjadi penyakit yang umum terjadi pada anak-anak. Namun, setelah vaksinasi cacar air dilakukan sejak tahun 1990-an, kasus cacar air mulai berkurang secara bertahap.

Gejala cacar air adalah ruam merah di wajah, dada, atau punggung, yang dapat menyebar ke seluruh bagian tubuh. Cacar air juga ditandai dengan keluhan lain, seperti:

- Demam

- Sakit kepala

- Kelelahan

- Hilang nafsu makan

Cacar air dalam istilah medis dikenal dengan varicella. Penyebabnya adalah virus yang mudah menular melalui percikan ludah, atau  kontak langsung dengan cairan yang berasal dari ruam.

Cacar air dalam istilah medis dikenal dengan varicella. Penyebabnya adalah virus yang mudah menular melalui percikan ludah, atau kontak langsung dengan cairan yang berasal dari ruam.

Penyakit ini lebih rentan menyerang anak-anak di bawah usia 12 tahun. Beberapa faktor lain yang dapat meningkatkan risiko cacar air adalah belum pernah terkena cacar air sebelumnya dan belum menerima vaksin cacar air. (Disway)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: disway.id