Peran Ayah Asi, Pendamping dan Pendukung Seorang Ibu Dalam Memberikan ASI Eksklusif untuk Bayi

Peran Ayah Asi, Pendamping dan Pendukung Seorang Ibu Dalam Memberikan ASI Eksklusif untuk Bayi

Peran ayah asi dalam mendukung ibu memberikan asi eksklusif untuk bayi.-Freepik-

RADARTASIK.COM – Istilah ayah asi digunakan untuk menggambarkan peran suami dalam mendampingi istri dalam memberikan air susu ibu alias asi eksklusif untuk bayi.

Menyusui bayi merupakan tugas dan peran yang dianggap menjadi tanggung jawab ibu. Namun, peran suami atau ayah juga penting dalam mendampingi dan mendukung istrinya untuk memberikan ASI eksklusif tersebut.

Dalam artikel ini, kita akan membahas peran ayah asi alias suami dalam proses menyusui dan bagaimana mereka dapat memberikan kontribusi yang berarti.

Peran ayah asi dalam proses pemberian ASI eksklusif untuk bayi.

1. Dukungan Emosional

Ayah memiliki peran penting dalam memberikan dukungan emosional kepada ibu selama proses menyusui. Mereka dapat memberikan kata-kata pujian, dorongan, dan dukungan yang membuat ibu merasa dihargai dan termotivasi untuk terus menyusui.

2. Partisipasi Aktif

Ayah dapat terlibat secara aktif dalam kegiatan seputar menyusui, seperti membantu mempersiapkan posisi dan alat-alat menyusui, menjaga suasana yang tenang dan nyaman serta membantu dengan tugas-tugas rumah tangga lainnya.

BACA JUGA: Eks Ketua Bawaslu Buka Suara Terkait Dugaan Pelanggaran Ivan Dicksan di Pilkada 2024 Kota Tasikmalaya

3. Mengambil Alih Tugas Lain

Ayah asi juga dapat mengambil alih tanggung jawab rumah tangga dan mengurus bayi di waktu jeda menyusui. Dengan melakukannya, ayah memberikan waktu dan ruang yang diperlukan bagi ibu untuk relaksasi, istirahat.

4 . Meningkatkan Keterikatan dengan Bayi

Melalui dukungan dan interaksi yang positif selama menyusui, ayah dapat membangun ikatan yang kuat dengan bayi. Mereka dapat mengajak bayi berinteraksi, memandikan, mengganti popok dan memberikan perhatian kasih sayang yang diperlukan.

Manfaat ayah asi dalam pemberian ASI Eksklusif

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: