Ketika TNI Turun ke Kabupaten Garut Bangun Jalan Poros Lebih dari 4 Kilometer untuk Mudahkan Akses Masyarakat

Ketika TNI Turun ke Kabupaten Garut Bangun Jalan Poros Lebih dari 4 Kilometer untuk Mudahkan Akses Masyarakat

Personel TNI bersama masyarakat bergotong-royong membawa bahan bangunan untuk membangun jalan poros desa di Kabupaten Garut, kemarin Rabu 8 Mei 2024. agi sugiana / radar tasikmalaya--

GARUT, RADARTASIK.COM - Dalam upaya mempercepat akses masyarakat dalam berbagai aktivitas di Kabupaten Garut, TNI membangun jalan sepanjang 4 kilometer melalui TMMD ke-120. Program ini diimplementasikan TNI di Desa Cinta Damai, Kecamatan Sukaresmi.

Kolonel Arh Rudi Ragil, Komandan Komando Resor Militer 062 Tarumanagara, menyatakan bahwa pembangunan jalan ini bertujuan untuk memudahkan akses masyarakat.

"Dengan adanya jalan baru ini, waktu tempuh masyarakat akan lebih singkat," ucapnya pada kemarin Rabu 8 Mei 2024.

Selain pembangunan jalan, dalam program TMMD tahun ini juga dilakukan pembangunan jembatan, pengecoran jalan, pembuatan tembok penahan tanah, pengerjaan gorong-gorong, pembangunan rumah tahan gempa, dan pengeboran sumur.

BACA JUGA:Polisi di Kota Tasikmalaya Lakukan Sterilisasi Sejumlah Gereja saat Kenaikan Isa Almasih

Di sisi non-fisik, kegiatan meliputi penanaman pohon, pemberian nutrisi kepada anak-anak stunting, penyuluhan wawasan kebangsaan, pelayanan kesehatan, serta perlindungan terhadap anak dan perempuan.

Menurut Kolonel Rudi, penentuan sasaran dalam program ini melalui pengajuan dari desa yang kemudian akan dievaluasi keberhasilannya. 

"Sasaran ditentukan berdasarkan pengajuan dari desa yang kemudian dinilai apakah layak atau tidak," bebernya.

Anggaran untuk program TMMD ini berasal dari APBD Pemerintah Kabupaten Garut dan Pemerintah Provinsi Jawa Barat, sejumlah 1,2 miliar rupiah. 

BACA JUGA:Hari Ini Realme GT Neo 6 Resmi Dirilis dengan Snapdragon 8 Gen 3, Memori 16GB, Baterai 5500mAh

Dana tersebut digunakan untuk kepentingan masyarakat, termasuk pembangunan jalan untuk akses ekonomi, pendidikan, dan kesehatan.

Penjabat Bupati Kabupaten Garut, Barnas Adjidin menuturkan, TMMD adalah program kolaborasi antara TNI, pemerintah daerah, pemerintah desa, dan masyarakat secara terkoordinasi dan terintegrasi. 

Pelaksanaan TMMD ke-120 tahun 2024 di Kabupaten Garut dilakukan oleh Kodim 0611/Garut, dengan fokus membangun jalan poros desa sepanjang kurang lebih 4 kilometer yang menghubungkan dua desa di dua kecamatan, yaitu Desa Cinta Damai, Kecamatan Sukaresmi dengan Desa Pasirkiamis, Kecamatan Pasirwangi.

Pembangunan jalan ini diharapkan akan mempermudah aktivitas masyarakat, terutama di Kecamatan Sukaresmi. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: