Perlu Dievaluasi: Upaya Meningkatkan Edukasi dan Efektivitas PSN di Kota Tasikmalaya

Perlu Dievaluasi: Upaya Meningkatkan Edukasi dan Efektivitas PSN di Kota Tasikmalaya

Ilustrasi DBD. Istimewa-tangkapan layar ponsel--

Perlu Dievaluasi: Upaya Meningkatkan Edukasi dan Efektivitas PSN di Kota Tasikmalaya

TASIKMALAYA, RADARTASIK.COM - Meningkatnya Kasus Demam Berdarah Dengue (DBD) telah mencapai titik perhatian yang mendesak. 

Komisi IV DPRD Kota Tasikmalaya menyoroti pentingnya upaya proaktif dalam Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN).

Sekretaris Komisi IV, H Murjani menegaskan, fenomena tahunan DBD harus diantisipasi dengan lebih serius. Salah satu langkah krusial adalah meningkatkan gerakan PSN.

BACA JUGA:UPTD Damkar Kabupaten Tasikmalaya Harus Punya 9 Pos, Tambahan Armada dan SDM Baru

"Inisiatif ini tidak boleh hanya dilakukan reaktif saat terjadi kasus DBD. Pencegahan adalah kunci untuk mencegah peningkatan kasus DBD," paparnya, Senin 01 April 2024.

"PSN harus menjadi kebiasaan, disertai dengan edukasi dan sosialisasi yang lebih intensif kepada masyarakat," sambungnya.

Menurutnya, dari segi keberpihakan, Komisi IV juga merencanakan untuk mengadakan reses yang berfokus pada PSN. Bulan depan, PSN akan menjadi prioritas dalam agenda Komisi IV. 

"Kita perlu fokus pada upaya pencegahan agar kasus DBD tidak terus meningkat dan menimbulkan banyak korban," terang Politisi Gerindra tersebut.

BACA JUGA:Kecanggihan Samsung Galaxy S24 Ultra Pembaruan Terbaru dalam Dunia Smartphone

Dia menyoroti kurangnya efektivitas metode seperti penggunaan obat nyamuk oleh masyarakat, yang belum diimbangi dengan pembersihan lingkungan. 

Terlebih lagi, tren peningkatan kasus DBD dalam dua bulan terakhir menjadi hal yang mengkhawatirkan.

Komisi IV pun mendorong Dinas Kesehatan untuk mengevaluasi sosialisasi PSN. Data menunjukkan adanya peningkatan kasus DBD dibandingkan tahun sebelumnya.

"Harapan kami adalah penurunan kasus DBD, bukan peningkatan. Oleh karena itu, penting bagi masyarakat untuk mengubah kebiasaan mereka dan lebih aktif dalam melaksanakan PSN," tambahnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: