Jadi Desa Keenam, Warga Margacinta Kabupaten Garut Terima Uang Ganti Rugi Tol Getaci

Jadi Desa Keenam, Warga Margacinta Kabupaten Garut Terima Uang Ganti Rugi Tol Getaci

Proses pembagian uang ganti rugi Tol Getaci di Desa Margacinta, Kecamatan Leuwigoong, Kabupaten Garut, Kamis 30 November 2023. agi sugiana / radar tasikmalaya--

Jadi Desa Keenam, Warga Margacinta Kabupaten Garut Terima Uang Ganti Rugi Tol Getaci 

GARUT, RADARTASIK.COM - Proyek Tol Getaci (Gedebage, Tasikmalaya, Cilacap) yang menghubungkan Jawa Barat dan Jawa Tengah kini sudah masuk ke proses pembebasan lahan.

Khususnya di Kabupaten Garut pada termin pertama ini ada empat kecamatan yang terlintasi proyek strategis nasional tersebut.

Yaitu Kecamatan Kadungora, Leles, Leuwigoong, dan Banyuresmi dengan total sebanyak 17 desa. Proses pembebasan lahan sudah sampai ke pembayaran Uang Ganti Rugi (UGR). 

BACA JUGA:Tak Kuat Menanjak, Truk Muatan Semen dan batu Masuk Jurang di Cigalontang Kabupaten Tasikmalaya

Namun baru 5 desa yang melakukan UGR, yaitu Desa Karangmulya, Kecamatan Kadungora, Desa Mandalasari, Kecamatan Garut, Desa Leles, Kecamatan Leles, Desa Kandangmukti, Kecamatan Leles, dan Desa Tambaksari, Kecamatan Leuwigoong.

Saat ini pembagian UGR menyasar ke Desa Margacinta yang berada di Kecamatan Leuwigoong, Kabupaten Garut.

"Hari ini Alhamdulillah kita bisa melaksanakan UGR tanah di Margacinta," ujar Ketua pelaksana Pengadaan tanah Tol Getaci di Kabupaten Garut, Muhamad Rahman, Kamis 30 November 2023.

Ia menerangkan, jumlah bidang tanah yang terdampak di Margacinta ini sebanyak 164 bidang, dengan nominal uang yang dibayarkan kurang lebih sebanyak Rp 53 miliar.

BACA JUGA:Wanita Muda yang Mayatnya Tergeletak di Semak-Semak Tasikmalaya Ternyata Dibunuh Pacarnya, ini Motifnya

Rahman menerangkan, prosesnya memang cukup lama sekitar 2 bulan dari mulai musyawarah sampai dengan pembayaran. 

"Memang agak lambat dari LMAN-nya (Lembaga Manajemen Aset Negara). Rata-rata di atas 2 bulan, jadi menunggunya cukup lama," terangnya.

Ia menambahkan, LMAN ini tidak hanya mengurus Tol Getaci di Kabupaten Garut saja. Tetapi seluruh Indonesia, jadi tidak heran jika memang prosesnya cukup lama.

Dengan dibayarkannya uang ganti rugi di Margacinta ini maka total sudah ada 6 desa yang telah melaksanakan UGR.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: