Rasulullah Sang Inspirator Perubahan

Rasulullah Sang Inspirator Perubahan

Mudir Pesantren Muhammadiyah Al-Furqon Singaparna Drs KH Uum Syarif Usman.-Istimewa-

BACA JUGA: Salut, Pemain Persib Ini Jadi Perekat Persaudaraan Bonek dan Bobotoh, Para Supporter Sangat Respect

“Perubahan itu senantiasa dipelopori oleh orang yang berbeda dari umumnya orang-orang pada masanya. Allah mempersiapkan pribadi Muhammad untuk menjadi seseorang yang akan mengubah kondisi masyarakatnya,” jelasnya.

Para nabi terdahulu dibekali oleh Allah dengan mukjizat yang bersifat fisik ataupun keterampilan tertentu. Tidak pernah ada orang sebelumnya yang memiliki hal tersebut. Itu merupakan bukti atas kenabian dan kerasulan mereka. 

Sedangkan bekal yang disediakan Allah untuk Nabi Muhammad yang kelak akan menjadi tokoh sentral perubahan dunia itu berbeda dengan para nabi terdahulu.

Bekal ini adalah mukjizat berupa Alquran yang berisi seperangkat aturan mengenai berbagai urusan menyangkut kehidupan manusia dan mesti dijalankan oleh manusia seluruhnya yang beragam bangsa, karakter, sikap dan sebagainya.

BACA JUGA: Ini Rincian Alat-Alat yang Dipersiapkan Polisi untuk Pengamanan Pemilu 2024 di Tasikmalaya

“Alquran adalah pedoman untuk melakukan perubahan di tengah masyarakat dunia yang majemuk,” tandasnya.

Dengan Alquran, Makkah yang tadinya merupakan tempat perseteruan antarkabilah, penuh dengan kemaksiatan, kezaliman dan sebagainya, kemudian berubah menjadi Makkah Almukarramah (yang terhormat), tempat bersatunya manusia dari berbagai bangsa menjalankan ritual yang sama.

Di Makkah ada Masjid Alharam yang di tengah-tengahnya ada ka’bah yang menjadi kiblat seluruh kaum muslim. Tidak ada tempat lain di dunia ini yang memiliki kemuliaan dan keagungan melebihi Makkah. 

Yatsrib juga berubah. Mulanya bisa disebut sebagai tempat pembuangan, sekadar tempat singgah, kerap kali terjadi pembegalan, pencurian, dan berbagai tindakan kekerasan. Dengan Alquran, Yatsrib berubah menjadi Madinah Almunawarah (kota yang mencerahkan).

BACA JUGA: Dihujani Ribuan Roket Hamas, Israel Jadi Lautan Api, Amerika Langsung Kirimkan Mesin Perang Ini

“Maka senyatanya Alquran itu benar-benar mukjizat istimewa pembawa perubahan yang diturunkan sebagai bekal bagi Nabi yang istimewa,” pungkasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: