Aneh Ada yang Enggan Masuk Surga

Aneh Ada yang Enggan Masuk Surga

Aneh ada yang enggan masuk surga. -Ilustrasi/Freepik-

Aneh Ada yang Enggan Masuk Surga

RADARTASIK.COM – Ada kabar gembira dari Rasulullah SAW bahwa titik akhir perjalanan seorang muslim adalah surga.

Hal ini berlaku bagi seluruh umat beliau sampai akhir zaman.

Namun ternyata, kabar gembira ini dikecualikan bagi mereka yang enggan masuk surga meskipun yang bersangkutan tidak menyatakannya.

BACA JUGA: Dahlan Iskan di Tol Cisumdawu Seru Dengarkan Kisah Perang Sumedang vs Cirebon Berebut Puteri Madura

Mereka yang akan masuk surga adalah umat Rasulullah yang taat kepada beliau dan dibuktikan dengan komitmennya terhadap Al Quran dan hadits atau sunah Rasulullah.

Sedangkan yang enggan masuk surga adalah mereka yang menyelisihi Rasulullah yang dibuktikan dengan keengganan mereka mengikuti ketentuan Al Quran dan hadits atau sunah Rasulullah.

Dalam hadits yang diriwayatkan oleh Bukhari dari Abu Hurairah r.a., Rasulullah bersabda,

كُلُّ أُمَّتِي يَدْخُلُونَ الجَنَّةَ إِلَّا مَنْ أَبَى، قَالُوا: يَا رَسُولَ اللَّهِ، وَمَنْ يَأْبَى؟ قَالَ: مَنْ أَطَاعَنِي دَخَلَ الجَنَّةَ وَمَنْ عَصَانِي فَقَدْ أَبَى.

BACA JUGA: Tampil Spartan dan Lebih Bertenaga, Persib Ditahan Imbang Bali United, Bojan Hodak Berikan Perubahan

”Semua umatku akan masuk surga kecuali yang enggan.” Para sahabat bertanya, ”Wahai Rasulullah, siapakah yang enggan?” Rasulullah menjawab, ”Siapa yang taat kepadaku, maka dia masuk surga dan siapa yang menyelisihiku (bermaksiat) maka sungguh dia enggan.”

Melalui hadits ini, Rasulullah mengabarkan bahwa umat beliau akan masuk surga kecuali yang enggan, yakni mereka yang membangkang dan tidak melaksanakan perintah beliau.

Seolah Rasulullah bersabda, ”Siapa yang taat kepadaku dan berpegang teguh kepada Al Quran dan As-Sunah, dia masuk surga. Namun siapa yang mengikuti hawa nafsunya, terpeleset dari jalan kebenaran, dan tersesat dari jalan yang lurus, maka sesungguhnya dia benar-benar telah menolak untuk masuk surga. Dia lebih memilih untuk masuk neraka.”

Umat yang dimaksud dalam hadits ini adalah umat dakwah, yakni seluruh manusia. Dengan demikian, mereka yang enggan itu adalah orang kafir yang menolak untuk menerima dakwah Islam.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: