Keren Nih Lapas Klas IIB Banjar! One Day One Product Warga Binaan Diperkenalkan ke Masyarakat

Keren Nih Lapas Klas IIB Banjar! One Day One Product Warga Binaan Diperkenalkan ke Masyarakat

Lapas Klas IIB Banjar yang sering dikunjungi masyarakat untuk belajar, memiliki program One Day One Person Product.-Foto: istimewa-

BACA JUGA:Hilang 3 Hari saat Masuk Hutan Tasikmalaya, Pencari Janur Ditemukan Meninggal di Atas Pohon Kelapa

One Day One Person Product yaitu mengenalkan kepada masyarakat Lapas Banjar memiliki produk-produk hasil warga binaan yang bisa dinikmati.

Berbagai produk hasil warga binaan mulai dari olahan makanan seperti keripik singkong, pisang dan lainnya.

Sementara hasil kerajinan tangan berupa piring lidi, pernak-pernik dari memanfaatkan limbah koran, kayu. Sablon baju atau kaos dan lainnya. 

"Warga binaan disini (Lapas Klas IIB Banjar, red) juga dilatih menjadi petani sayuran. Seperti kangkung, terong, cabai dan jenis lainnya serta buah-buahan ada di Lapas Klas IIB Banjar," katanya menambahkan.

BACA JUGA:Cuma 3 Jam! Perjalanan Wisata Camping Lembah Tengkorak Dengan Keindahan Panorama Danau

Menurut Kalapas, hasil tersebut merupakan dari pembinaan kemandirian yang dilakukan kepada semua warga binaan, bekerjasama dengan semua instansi dan lapisan masyarakat

Untuk memberikan dan meningkatkan kemampuan keahlian skil dari warga binaan, karena 99 persen mereka yang masuk ke Lapas itu terputus mata pencahariannya. 

"Maka kami memberikan skill atau kemampuan keahlian dan mudah-mudahan setelah bebas dari sini menjadi mata pencaharian baru," jelasnya. 

Dengan harapan setelah bebas nanti, mereka bisa hidup secara mandiri dan tidak tergantung pada orang lain serta tidak terjerumus ke hal negatif lagi.

BACA JUGA:6 Langkah yang Bisa Dilakukan untuk Membakar Lemak Jahat dalam Tubuh 

Karena selain diberi pembinaan kemandirian, warga binaan juga dibekali pembinaan kepribadian ikut latihan kepramukaan dan rohani tergantung agamanya.

"Pembinaan tersebut dilakukan untuk memberikan kegiatan yang menumbuhkan rohani dan meningkatkan hubungan dengan tuhan dan manusia," pungkasnya.

Lanjut Kalapas, letak Lapas Klas IIB Banjar yang berada di puncak bukit, untuk menjaga ekosistem alam pihaknya juga akan mengadakan gerakan tanam dan pelihara pohon. 

Hal itu dimaksudkan, agar alam yang ada di sekitar Lapas Klas IIB Banjar bisa terjaga dengan baik karena manusia dengan alam saling membutuhkan demi keberlangsungan hidup.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: