Hilang 3 Hari saat Masuk Hutan Tasikmalaya, Pencari Janur Ditemukan Meninggal di Atas Pohon Kelapa

Hilang 3 Hari saat Masuk Hutan Tasikmalaya, Pencari Janur Ditemukan Meninggal di Atas Pohon Kelapa

Proses evakuasi jasad seorang kakek pencari janur di Kota Tasikmalaya yang ditemukan di atas pohon kelapa, Kamis 3 Agustus 2023 sore. Istimewa-tangkapan layar ponsel--

Hilang 3 Hari saat Masuk Hutan Tasikmalaya, Pencari Janur Ditemukan Meninggal di Atas Pohon Kelapa

TASIKMALAYA, RADARTASIK.COM - Dodih, seorang kakek berusia 63 tahun sejak Selasa 1 Agustus 2023 kemarin hilang di Hutan Rancabogo, Kecamatan Kawalu, Kota Tasikmalaya. 

Kakek Dodih akhirnya ditemukan dalam keadaan meninggal dunia di atas pohon kelapa pada Kamis sore, 3 Agustus 2023 sekira pukul 14.35.

Tim gabungan dari TNI-Polri, BPBD Kota Tasikmalaya, Basarnas, dan warga telah melakukan pencarian selama dua hari ini sebelum berhasil menemukan korban.

BACA JUGA:Korban Keracunan di Karangnunggal, Tasikmalaya Kondisinya Membaik

Dodih, warga Kampung Gunung Gede, Kelurahan Gunung Gede, Kecamatan Kawalu, Kota Tasikmalaya, pergi dari rumahnya Selasa lalu pada pukul 09.00 WIB dengan tujuan mencari janur untuk membuat ketupat. 

Keluarganya melaporkan hilangnya Dodih kepada pihak kepolisian. Tim gabungan akhirnya menemukan Dodih sudah tak bernyawa di atas pohon kelapa. 

Diduga, dia mengalami sesak nafas saat berada di atas pohon kelapa, karena sebelumnya telah mengeluhkan sakit sesak kepada keluarganya.

Hal itu diungkapkan Koordinator Lapangan (Korlap) Unit Reaksi Cepat (URC) BPBD dan Damkar Kota Tasikmalaya, Harisman.

BACA JUGA:Keren Euy! Kuliner Seblak Diusulkan Jadi Warisan Budaya Tak Benda

"Alhamdulillah, korban berhasil ditemukan pada hari kedua pencarian, sekitar jam 14.35. Sayangnya, dia ditemukan telah meninggal di atas pohon kelapa, kemungkinan akibat sesak nafas setelah mengeluhkan sakit sebelumnya," paparnya kepada wartawan.

Proses evakuasi korban berlangsung dramatis. Petugas harus memanjat pohon kelapa setinggi 17 meter dan menggunakan tambang serta kain sarung untuk menurunkan jasadnya.

"Tadi tim gabungan menurunkan korban menggunakan tali tambang dan sarung, karena posisi korban berada di atas pucuk pohon kelapa," terangnya.

Setelah berhasil diturunkan dari pohon kelapa, jenazah Dodih dievakuasi ke Kamar Mayat Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Dokter Soekardjo Kota Tasikmalaya untuk dilakukan visum dan pemeriksaan lebih lanjut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: