Wali Kota Banjar Sampaikan Pesan Menyentuh Saat Iduladha 1444 Hijriah

Wali Kota Banjar Sampaikan Pesan Menyentuh Saat Iduladha 1444 Hijriah

Ribuan umat Islam melaksanakan salat Iduladha 1444 H di Masjid Agung Kota Banjar, Kamis 29 Juni 2023.-Istimewa-

Wali Kota Banjar Sampaikan Pesan Menyentuh Saat Iduladha 1444 Hijriah

BANJAR, RADARTASIK.COM – Ribuan umat Islam di Kota Banjar melaksanakan salat Iduladha 1444 Hijriah, Kamis 29 Juni 2023.

Semula, salat Iduladha tingkat Kota Banjar akan dilaksanakan di alun-alun. Namun karena hujan, salat id dipindah ke Masjid Agung Kota Banjar.

Pada momen Iduladha, Wali Kota Banjar Dr Hj Ade Uu Sukaesih mengingatkan perjuangan Nabi Ibrahim AS yang harus mengorbankan anaknya untuk disembelih.

BACA JUGA: Perum PDK Cikunten Indah Sembelih 11 Sapi Kurban

”Maka dalam kehidupan saat ini, masyarakat dan para PNS yang ada di Pemkot Banjar diajak agar mencontoh teladan Nabi Ibrahim AS,” ucapnya.

Sambung orang nomor satu di Kota Banjar bahwa pemerintah telah mengizinkan penyembelihan hewan kurban meski sempat ada wabah PMK (penyakit mulut dan kuku).

Saat ini wabah PMK sudah tidak ada akan tetapi sekarang sedang mewabah penyakit LSD (penyakit kulit) dengan penyakit lato-lato (kalinya totol-totol dan melepuh).

Namun, hewan kurban di Kota Banjar terbebas dari penyakit lato-lato. ”Alhamdulillah setelah dilakukan pemeriksaan oleh tim kesehatan DKPPP Kota Banjar sebelum perayaan Hari Raya Iduladha memastikan kondisi hewan kurban dalam keadaan sehat (terbebas dari PMK dan LSD),” ungkap dia.

BACA JUGA: 2 Tanda Haji Mabrur dan Fadillah Idul Adha Ternyata Begini

Dalam proses penyembelihannya, Ade mengajak agar dilakukan di Rumah Potong Hewan (RPH) karena lebih terjamin kebersihannya.

Sementara untuk pendistribusiannya bisa melalui Badan Amil Zakat atau Lembaga Amil Zakat lain yang telah memenuhi syarat.

Wali kota juga mengaku bersyukur karena umat Islam Kota Banjar menjalankan ibadah haji sebanyak 220 orang.

”Sebenarnya kuota calon jemaah haji asal Kota Banjar itu ada sebanyak 178 orang yang berangkat terlebih dulu. Namun ada kuota tambahan sebanyak 42 orang,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: