Tidak Semua Sapi Boleh Dipotong! Ini Dia 7 Jenis Sapi Berdasarkan Peruntukkannya

Tidak Semua Sapi Boleh Dipotong! Ini Dia 7 Jenis Sapi Berdasarkan Peruntukkannya

Jenis sapi berdasarkan peruntukkannya.-Radartasik.com-

RADARTASIK.COM – Dalam literatur peternakan, ada beberapa jenis sapi berdasarkan peruntukkannya. Jadi tidak semua sapi boleh dipotong.

Setiap jenis sapi mempunyai manfaatnya masing-masing, mulai dari bibit sampai pedaging. Salah satunya yang dipakai untuk keperluan penyembelihan hewan kurban di Hari Raya Idul Adha.

Berikut adalah penjelasan tentang jenis-jenis sapi berdasarkan manfaatnya:

1. Pedet

Pedet adalah istilah yang digunakan untuk sapi dari lahir hingga berusia sekitar delapan bulan yang merupakan masa penyapihan. 

Selama periode ini, pedet disusui induknya. Pedet merupakan tahap penting dalam kehidupan sapi untuk memastikan pertumbuhan dan kesehatan yang tepat.

2. Sapi Bibit

Sapi bibit adalah jenis sapi, baik betina maupun jantan, yang dipilih untuk menjadi hewan ternak potensial di masa depan.

BACA JUGA: 5 Fakta Unik Tentang Sapi yang Jarang Diketahui Orang, Simak Ya!

Sapi bibit biasanya berasal dari garis keturunan sapi yang baik dan menunjukkan potensi pertumbuhan, produktivitas atau kualitas yang diinginkan. 

Peternak memilih sapi bibit berdasarkan karakteristik fisik, genetik dan kesehatan yang diinginkan untuk mempertahankan atau meningkatkan kualitas ternak sapi mereka.

3. Sapi Pejantan

Sapi pejantan adalah jenis sapi jantan yang digunakan untuk kawin dengan sapi betina untuk reproduksi. 

Jenis sapi ini dipilih berdasarkan genetik, kekuatan, dan kemampuan mereka untuk menghasilkan keturunan yang diinginkan. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: