Pastikan Kondisi Hewan Kurban di Kabupaten Tasikmalaya, Sapi Sehat Diberi Tanda Stiker

Pastikan Kondisi Hewan Kurban di Kabupaten Tasikmalaya, Sapi Sehat Diberi Tanda Stiker

Petugas DKPPP Kabupaten Tasikmalaya saat memeriksa hewan kurban di Jalan Cising Kecamatan Cisayong, belum lama ini 8 Juni 2024. istimewa--

TASIKMALAYA, RADARTASIK.COM - Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian, dan Perikanan (DKPPP) Kabupaten Tasikmalaya terus melakukan pengecekan terhadap hewan kurban menjelang Hari Raya Idul Adha 1445 Hijriyah.

Seperti belum lama ini, 8 Juni 2024, petugas kesehatan hewan dari DKPPP Kabupaten Tasikmalaya melakukan inspeksi mendadak (sidak) di tempat penjualan hewan kurban di Jalan Ciawi-Singaparna (Cising) Kecamatan Cisayong. 

Hasil pemeriksaan menunjukkan bahwa puluhan sapi yang akan dijual dinyatakan sehat.

Kabid Peternakan DKPPP Kabupaten Tasikmalaya, Asyan mengatakan, pemeriksaan hewan kurban sudah dilakukan di beberapa tempat penjualan sapi kurban.

BACA JUGA:Benarkah PDIP, PKB, Golkar dan Nasdem Berkoalisi untuk Pilkada 2024 Kabupaten Tasikmalaya? 

Sejauh ini, pihaknya belum menemukan penyakit pada hewan-hewan tersebut.

"Jadi, kita pastikan aman. Setelah memeriksa kesehatan hewan kurban, kita langsung memasang stiker sehat di tali tambang sapi tersebut," ujar Asyan saat dihubungi melalui sambungan telepon, Senin 10 Juni 2024.

Meski hasil pemeriksaan saat ini menunjukkan bahwa sapi-sapi tersebut sehat, pihaknya mengimbau masyarakat yang hendak membeli hewan kurban agar memastikan secara fisik bahwa hewan ini sehat dari postur tubuhnya dan tidak menunjukkan tanda-tanda yang mencurigakan.

"Kami akan terus memeriksa kesehatan hewan kurban di pedagang-pedagang sapi besar, seperti di wilayah Cisayong, Ciawi, Singaparna, dan lainnya," terangnya.

BACA JUGA:Jenazah Mahasiswa Unsil Tasikmalaya yang Meninggal di Gunung Cakrabuana Dibawa Keluarganya ke Bekasi

Selain itu, jika masyarakat merasa ragu terhadap hewan kurban yang akan dibeli, mereka harus memastikan bahwa terdapat stiker tanda sapi sehat. 

Stiker tersebut menunjukkan bahwa sapi tersebut telah melalui pemeriksaan kesehatan yang ketat.

"Tanda hewan sapi sehat adalah stiker khusus yang dipasang oleh kami," beber Asyan.

Sementara itu, Tantan, seorang penjual sapi kurban di Tasikmalaya, memastikan dan menjamin bahwa hewan yang ia jajakan dalam keadaan sehat. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: