UJUNG Tol Bocimi Bukan Pelabuhanratu Melainkan ke Daerah Ini

UJUNG Tol Bocimi Bukan Pelabuhanratu Melainkan ke Daerah Ini

UJUNG Tol Bocimi bukan Pelabuhanratu melainkan ke daerah timur Sukabumi.--BPJT--

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono menjelaskan semua ruas Tol Bocimi diharapkan selesai tahun 2024 sampai dengan minimal Sukabumi Barat.

”Artinya sudah melewati titik kemacetan yang parah di Pasar Cibadak,” kata Menteri Basuki.

BACA JUGA: Pusingnya Mourinho Setelah Melawan AC Milan: Tulang Rusuk Belotti Retak, Kumbulla Absen Hingga Akhir Musim

Ruas Cigombong-Cibadak telah dibuka fungsional untuk mendukung arus mudik dan balik Lebaran 2023 terkoneksi dengan wilayah Bogor yang terhubung dengan ruas tol Jagorawi.

Sehingga, dapat mengurangi waktu tempuh dari Jakarta menuju Sukabumi yang sebelumnya 4 sampai 5 jam melalui jalan alteri menjadi 2 jam lebih cepat.

Ruas tol ini juga terhubung dengan jalan nasional Pansela Jawa Barat di Pelabuhanratu via Cikembang-Cikadu.

Jalur Lintas Pansela Jawa Barat menjadi alternatif pengguna jalan. Sehingga, beban lalu lintas dapat terbagi dan tidak menumpuk di Tol Trans Jawa atau Lintas Pantura dan Lintas Tengah Jawa.

BACA JUGA: Nama-Nama Pegusaha Bus dari Tasik Ini Ternyata Adik Kakak, Putra dari Dua Pengusaha Besar

Kepala Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN) DKI Jakarta-Jawa Barat Ditjen Bina Marga Kementerian PUPR Wilan Oktavian mengatakan jalur Pansela wilayah Jawa Barat memiliki panjang 415,11 km dengan rata-rata kemantapan jalan 97,10%.

Ruas jalur Pansela membentang dari Kabupaten Sukabumi, Cianjur, Garut, Tasikmalaya hingga Pangandaran.

Area penanganan ruas Pansela Jawa Barat terbagi menjadi dua, yakni oleh Pelaksanaan Jalan Nasional (PJN) II mulai dari Batas Banten-Bagbagan-Tegalbuleud-Sindangbarang dan Cidaun sepanjang 203,86 km.

Sedangkan PJN III menangani dari Cidaun-Pameungpeuk-Cipatujah-Kalapagenep-Pangandaran sepanjang 211,25 km.

BACA JUGA: 2 Pengusaha Ini Ternyata Mendirikan Perusahaan Bus dari Ciamis Sejak Tahun 1970an, Punya Ratusan Unit Bus Juga

Dengan terhubungnya Jalur Pansela dengan Tol Bocimi juga diharapkan akan mempermudah akses menuju kawasan pariwisata di sekitar Sukabumi bagian selatan seperti Pantai Pelabuhan Ratu, Puncak Habibie, Geopark Ciletuh, hingga Pantai Ujung Genteng.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: