2 Pengusaha Ini Ternyata Mendirikan Perusahaan Bus dari Ciamis Sejak Tahun 1970an, Punya Ratusan Unit Bus Juga

2 Pengusaha Ini Ternyata Mendirikan Perusahaan Bus dari Ciamis Sejak Tahun 1970an, Punya Ratusan Unit Bus Juga

Jalan mulus di Kabupaten Ciamis yang banyak dilalui oleh jalur bus dari Ciamis.-Foto:tangkapanlayar/dok cctv dishub ciamis-

CIAMIS, RADARTASIK.COM - Perusahaan bus yang hadir mewarnai dunia transportasi darat di Indonesia, juga lahir dari kota sebelah Tasik yaitu CIAMIS.

Di Ciamis ada 2 perusahaan bus besar yang lahir dari 2 pegusaha yang cukup ternama.

Bahkan pada jamnya mereka juga cukup terkenal sebagai orng-orang tajir yang memiliki perusahaan bus sejak tahun 11970an.

BACA JUGA:Berusia 30 Tahun, Perusahaan Bus dari Tasik Ini Makin Bersinar Punya Slogan ‘Bus Cepat Budiman’

Pengusaha ini bernama H. Idris Suherman adalah pendiri dari Merdeka Group atau dikenal dengan bus Merdeka. Mengawali usahanya mendirikan perusahaan transportasi, H. Idris hanya memiliki 5 unit bus, saat itu.

Namun bisnisnya terus berkembang hingga akhirnya memiliki 200 unit bus pada tahun tersebut.

Baru pada tahun 2005 setelah usaha busanya terus berkembang, perusahaan ini memiliki 400 unit bus yang memberikan pelayanan angkutan ke berbagai wilayah.

BACA JUGA:Wow Keren Perusahaan Bus dari Tasik Ini, Ternyata Punya Fans Base Namanya Budiman Lovers Community

Selain Merdeka Group, satu perusahaan lain yang juga cukup terkenal dari Ciamis adalah PO Gapuraning Rahayu. Bahkan perusahaan bus ini, kini memiliki 2 anak perusahaan di bidang yang yang sama yaitu PO. Perkasa Jaya dan PO. Putra Jaya.

PO Gapuraning Rahayu didirikan pada tahun 1977 oleh H. Moch Karno yang saat ini sudah tiada.  Sehingga pada saat ini perusahaannya dikelola oleh putranya yaitu Ronny AB. Karno.

PO Gapuraning Rahayu juga terkenal dengan melayani berbagai rute di wilayah Jawa Barat hingga ke Jawa Tengah.

BACA JUGA:BURUAN Ada Lowongan Kerja Besar-Besaran untuk Penempatan Tasik, Cek Posisi Hingga Kualifikasi yang Dibutuhkan

Perusahaan ini pun terus berkembang hingga saat ini mampu memiliki dua anak perusahaan yang bergerak di bidang yang sama.

Dihimpun dari berbagai sumber, kedua perusahaan bus dari Ciamis ini merupakan perusahaan bus yang cukup ternama dan terkenal di masyarakat Ciamis. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: