Doula Profesi Baru yang Potensial untuk Ibu Rumah Tangga, Dampingi Ibu Melahirkan Sampai Menyusui

Doula Profesi Baru yang Potensial untuk Ibu Rumah Tangga, Dampingi Ibu Melahirkan Sampai Menyusui

Ilustrasi Profesi Doula yang memiliki peran untuk mendampingi ibu melahirkan juga ibu menyusui -gdakaska dari Pixabay-

KOTA TASIK, RADARTASIK.COM - Apa itu Doula? Hmmm bagi yang belum tahu, ternyata Doula profesi baru yang potensial untuk ibu rumah tangga.

Seperti dikutip dari program Thio Is Me, di kanal YouTube Ipedia Beritabaik, ada seorang ibu rumah tangga yang bernama Ulya Imannura, yang mencertikan kisahnya menjadi seorang Doula.

Apa sih tugas Doula? Doula memiliki tugas untuk mendampingi ibu hamil, melahirkan sampai menyusui. Doula merupakan satu profesi yang bersertifikat dan di kalangan medis ternyata Doula ini sudah mulai dikenal juga.

Pada saat ilmu hamil akan melahirkan Doula memberikan peran penting untuk memberikan motivasi dan afirmasi positif bagi ibu yang sedang melahirkan.

BACA JUGA:Fantastis, Persib Tempati Puncak Klasemen, Kalahkan Borneo FC 1-0, Perpanjang Rekor 12 Kali Tak Pernah Kalah

Kisah yang diceritakan Ulya Imannura, salah seorang Doula yang telah mendampingi banyak ibu hamil ini sangat inspiratif. Bahkan Ulya juga pernah menjad Doula untuk dirinya sendiri.

“Aku pernah nanti lagu dangdut supaya pada saat persalinan itu, tetap bahagia, dan tidak terasa saat persalinan,” ungkapnya dikutip pada saat mengisi acara Thio Is Me yang dipandu oleh Fajjrina Addien, Kamis 26 Januari 2023 melalui YouTube.

Untuk menjadi seorang Doula ternyata tidak mudah. Ada proses pembelajaran bahkan ujian untuk bisa memiliki sertifikat. Biayanya pun tidak tanggung-tanggung ada di kisaran jutaan rupiah.

Menjadi seorang Doula tidak perlu memiliki latar belakang pendidikan kesehatan, tapi perlu memiliki minat yang kuat dan menyukai mendampingi ibu yang akan melahirkan.

BACA JUGA:Resmi Dibuka, Simak Tata Cara Pendaftaran Beasiswa LPDP 2023, Cek di Sini Syaratnya

Doula biasa bertugas mendampingi ibu melahirkan di ruang persalinan bersama dokter, suami ibu melahirkan.

Namun itu pun disesuaikan dengan peraturan dari tim medis apakah boleh didampingi Doula atau cukup didampingi suaminya.

Soal honor Doula, uhhh ternyata Doula bisa mendapatkan honor dari profesionalitasnya yang lumayan tinggi.

Tugas Doula tidak hanya mendampingi ibu melahirkan saja, tapi juga mendampingi pemberian ASI untuk bayi dari ibu yang baru melahirkan. Wow keren ya, siapa yang minat jadi Doula?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: