Waktu Ideal Sarapan Pagi Menurut Ahli Gizi UGM

Waktu Ideal Sarapan Pagi Menurut Ahli Gizi UGM

Roti tawar Lemona, solusi menu sarapan pagi. -dok.lemona-radartasik.disway.id

BACA JUGA: 4 Jenis Menu Sarapan Sehat yang Baik untuk Diet, Bahan-Bahannya Ada di Sekitar Kita

”Jangan sampai lewat jam 9 karena sudah masuk persiapan pemenuhan kebutuhan makan siang,” terangnya.

Dr Mirza Hapsari Sakti Titis Penggalih mengatakan sarapan menjadi waktu makan yang sering terabaikan bagi kebanyakan orang. 

Beragam alasan melewatkan sarapan mulai dari tidak sempat hingga tidak terbiasa sarapan. Padahal, banyak manfaat dari sarapan pagi dan penting bagi tubuh.

Mengapa sarapan penting untuk dilakukan? Kata dia, salah satunya, sarapan menjadi sumber energi atau penyedia bahan bakar bagi tubuh untuk beraktivitas di siang hari.

BACA JUGA: Menu Sarapan Sehat nan Simpel, 3 Bahan Cukup

”Kalau habis tidur 8 jam tidak makan dan minum otomatis kadar glukosa dalam tubuh rendah. Jika tidak mengonsumsi makanan setelah bangun tidur makan akan lemas karena tidak akan bahan bakar yang masuk,” paparnya.

Sarapan pagi, menurut dia, adalah makanan yang tidak akan pernah disimpan dalam tubuh sebagai lemak karena digunakan untuk beraktivitas.

Dengan begitu, sambung dia, bagi orang yang ingin menjaga berat badan tidak perlu tidak melewatkan sarapan dan khawatir berat badan akan naik karena sarapan.

Sebab, jika melewatkan sarapan menjadikan tingkat lapar menjadi lebih besar saat waktu makan siang dan sore.

BACA JUGA: Indofood Buka Lowongan Kerja Terbaru untuk Lulusan D3 dan S1, Ini Dia Posisi dan Persyaratannya

Asupan makanan saat makan siang dan sore menjadi lebih banyak sementara aktivitas cenderung berkurang atau tidak sepadat saat pagi hari sehingga akan menjadi simpanan lemak.

Manfaat dari sarapan selanjutnya adalah menjadi sumber energi bagi otak sehingga meningkatkan fungsi kognitif dan konsentrasi. Sebaliknya jika tidak sarapan maka fungsi kognitif otak berkurang.

”Glukosa dari karbohidrat menjadi energi bagi otak. Dengan sarapan otomatis membuat otak berfungsi dengan baik dan bagi anak-anak atau pelajar membantu meningkatkan kecerdasan memori mata pelajaran yang didapat,” terangnya.

Sarapan juga mampu menjaga suasana hati atau mood. Sarapan jadi bahan energi yang membuat kondisi otak segar sehingga menjadikan mood bagus.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: ugm.ac.id