Tiga Bulan ke Depan Masih Musim Hujan, di Tasikmalaya Camat dan Kepala Desa Diingatkan Selalu Hati-Hati

Tiga Bulan ke Depan Masih Musim Hujan, di Tasikmalaya Camat dan Kepala Desa Diingatkan Selalu Hati-Hati

Bupati Tasikmalaya, H Ade Sugianto didampingi oleh Kapolres Tasikmalaya AKBP Suhardi Hery Haryanto saat mengecek kesiapan alat dan anggota dalam apel kesiapsiagaan bencana di Mako Polres Tasikmalaya, Selasa 18 Oktober 2022.-ujang nandar-radartasik.disway.id

TASIKMALAYA, RADARTASIK.COMCamat dan kepala desa diingatkan selalu hati-hati karena tiga bulan ke depan masih hujan di Kabupaten Tasikmalaya.

Imbauan agar camat dan kepala desa diingatkan selalu hati-hati hadapi musim hujan datang dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah atau BPBD Kabupaten Tasikmalaya

Sekretaris BPBD Kabupaten Tasikmalaya Irwan menjelaskan, Kabupaten Tasikmalaya rawan bencana baik banjir, longsor dan bencana lainnya. 

BPBD Kabupaten Tasikmalaya mengingatkan camat dan kepala desa selalu hati-hati hadapi musim hujan melalui lisan maupun surat edaran. 

"Kami juga sudah memberikan surat imbauan kepada kepala desa dan camat untuk selalu hati-hati dalam menghadapi musim hujan ini," kata Irwan kepada radartasik.com, Rabu 19 Oktober 2022.

Berdasarkan informasi BMKG, kata Irwan, musim penghujan diperkirakan terjadi sampai pertengahan Januari 2023. 

"Masih akan terjadi dalam tiga bulan ke depan musim hujan dengan intensitas tinggi ini," kata Irwan.  

Sementara itu sejak Januari hingga Oktober 2022 jumlah bencana alam di Kabupaten Tasikmalaya mencapai 288.

Namun demikian, hingga bulan Oktober 2022 Kabupaten Tasikmalaya masih berstatus siaga bencana. 

Saat ini Kabupaten Tasikmalaya siaga 1 bencana, sedangkan tingkat Jawa Barat, seperti dinyatakan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil berstatus darurat bencana.

"Kalau kita masih siaga, belum status darurat bencana," ungkap Irwan.

Pemkab Tasikmalaya Siapkan Rp 30-40 Miliar untuk BTT

Pemkab siapkan anggaran sebesar Rp30-40 miliar untuk anggaran belanja tak terduga (BTT) sebagai upaya antisipasi bencana alam. 

"Untuk BTT dengan segala kesulitan kita, fiskal kita adanya pengurangan, yang dari awal hanya 3 persen. Makanya hari ini kita lebih banyak menghemat," kata Bupati Tasikmalaya Ade Sugianto usai mengecek kesiapan alat dan anggota dalam apel kesiapsiagaan bencana di Mako Polres Tasikmalaya, Selasa 18 Oktober 2022.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: