Pasar Ikan dan Puluhan Rumah di Cisayong Terendam Banjir, Kerugian Mencapai Ratusan Juta

Pasar Ikan dan Puluhan Rumah di Cisayong Terendam Banjir, Kerugian Mencapai Ratusan Juta

Petugas BPBD Kabupaten Tasikmalaya saat mengevakuasi air banjir dari salah satu rumah warga di sekitar area Pasar Ikan Cisayong, Senin 12 September 2022. -Istimewa-radartasik.disway.id

TASIKMALAYA, RADARTASIK.COM – Hujan deras yang terjadi Minggu 11 September 2022 malam, membuat Pasar Ikan di Desa Jatihurip, Kecamatan Cisayong, Kabupaten Tasikmalaya, terendam banjir.

Air luapan Sungai Cidadap itu akibat curah hujan yang tinggi. Selain merendam area pasar, banjir juga merendam puluhan pemukiman warga. 

Hingga Senin 12 September 2022 siang, petugas BPBD Kabupaten Tasikmalaya bersama warga masih membersihkan serta mengevakuasi material lumpur sambil menyelamatkan perabotan.


Tangkapan layar ponsel kondisi Pasar Ikan Cisayong yang terendam banjir, Minggu 11 September 2022 malam. -Istimewa-

Kepala Bidang (Kabid) Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Tasikmalaya, Kurnia Trisna Somantri mengatakan, akibat kejadian ini sedikitnya 5 rumah warga mengalami kerusakan.

BACA JUGA:Kisah Santi, Menyaksikan Dua Anaknya Tertimbun Longsor di Ciamis, Jasadnya Bergandengan di Ruang Kamar

BACA JUGA:Air Banjir Masuk ke Perumahan di Cisayong, Longsor Terjadi di Ciawi Kabupaten Tasik, Warga Diimbau Waspada 

"Tak ada korban jiwa dalam bencana ini. Kami dapat informasi kejadian ini tadi malam sekira pukul 21.00 WIB. Sejak sore kemarin, intensitas hujan memang cukup tinggi," paparnya.

Sementara itu, Kades Jatihurip, Dadang Mursyid menuturkan, di wilayahnya khususnya Kampung Jatihurip tercatat sekitar 20 rumah terendam banjir.

"Sebagian besar warga yang kebanjiran adalah pedang ikan. Tentunya dengan bencana ini warga mengalami kerugian material yang cukup besar," tuturnya.

Jelas dia, selain rumahnya rusak terendam banjir, semua kolam di pasar ikan juga ikut terendam air banjir. Sebagian besar ikannya ikut hanyut terbawa banjir.

BACA JUGA:Innalillahi, Dua Anak Kakak-Adik Tewas Tertimbun Longsor di Ciamis, Batu juga Berjatuhan ke Jalan

BACA JUGA: Sungai Citanduy Meluap, 58 Rumah Warga di 3 Kecamatan di Kota Banjar Tergenang Banjir 

“Kisaran 20 KK khususnya di Pasar Ikan ini. Kerugian lumayan ya. Selain rumahnya, tempat usahanya juga terendam. Hampir semua kolam itu baru saja ditanam ikan. Semuanya hanyut dalam semalam. Kerugian ditaksir ratusan juta rupiah," jelasnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: