Wali Kota Menginstruksikan LPM se-Kota Tasikmalaya Membantu Perekaman Pemilih Pemula

Wali Kota Menginstruksikan LPM se-Kota Tasikmalaya Membantu Perekaman Pemilih Pemula

KOTA TASIK, RADAR TASIK.COM— Wali Kota Tasikmalaya, H Muhammad Yusuf mengatakan, LPM adalah wadah bagi peningkatan sumber daya masyarakat di wilayahnya.

Perannya sangat penting untuk menyerap dan menyalurkan aspirasi serta meningkatkan pemberdayaan masyarakat dalam pembangunan wilayah.

Oleh sebab itu, menurut Yusuf, keberadaan LPM menjadi strategis dalam meningkatkan peran serta masyarakat.

"Tujuan utama dibentuknya lembaga ini adalah untuk meningkatkan prakarsa dan swadaya masyarakat dalam menjalankan program pembangunan secara partisipatif," katanya, Senin 25 Juli 2022.

Makanya, Pemkot Tasikmalaya melakukan pembinaan kepada seluruh LPM se-Kota Tasikmalaya di Aula Bale Kota. 

Terlebih, partisipasi masyarakat bisa dikembangkan melalui LPM mencakup aktivitas dalam merencanakan dan mengawasi pelaksanaan pembangunan di tingkat kelurahan.

"Sesuai dengan Perda nomor 7 tahun 2009 dan Perwalkot nomor 23 tahun 2011 jelas menyebutkan bahwa LPM adalah mitra lurah dalam pelaksanaan pembangunan partisipatif dalam pemberdayaan masyarakat dan sosial masyarakat," terangnya.

Untuk meningkatkan perannya, beber Yusuf, LPM memerlukan evaluasi dan upgrade kinerja serta programnya setiap tahun agar selalu selaras dengan kemajuan zaman dan kebutuhan masyarakat.

"Peran serta LPM dalam pembangunan wilayah yang sangat nyata adalah keterlibatan dalam program inovasi pembangunan dan pemberdayaan kewilayahan atau PPIK," bebernya.

Yusuf pun berharap agar LPM terus meningkatkan kapasitasnya dalam proses PPIK. Agar PPIK semakin berkualitas dan tepat sasaran. 

"Agar percepatan pembangunan di Kota Tasikmalaya Katara, Karampa jeung Karasa," harap orang nomor 1 di Kota Tasikmalaya ini.

Dalam kesempatan tersebut, Yusuf juga menginstruksikan agar LPM turut berpartisipasi dalam membantu tugas Disdukcapil merekam pemilih pemula untuk mengikuti Pemilu serentak 2024.

"Hingga kini baru 3 ribuan terekam pemilih pemula, dari total 40 ribuan. Nanti LPM harus membantu perekaman ini tinggal menggunakan aplikasi karena ini untuk meningkatkan partisipasi saat pemilu serentak," tambahnya.

Sebab, jelas Yusuf, petugas Disdukcapil terbatas. Maka LPM diharapkan dapat membantu ini di tingkat kelurahan. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: