Perkuat Kesehatan, Kampung Germas Diresmikan di Kampung Legoktangkalak Sodonghilir

Perkuat Kesehatan, Kampung Germas Diresmikan di Kampung Legoktangkalak Sodonghilir

TASIKMALAYA, RADARTASIK.COM - Dinas Kesehatan Kabupaten Tasikmalaya bersama Puskesmas Sodonghilir beserta muspika meresmikan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) di Kampung Legoktangkalak Desa Cukangjayaguna Kecamatan Sodonghilir, Sabtu 16 Juli 2022, lalu.

Selain launching, dilaksanakan juga kegiatan senam dan makan buah bersama masyarakat sebagai bagian dari kegiatan atau yang menjadi indikator dari germas itu sendiri.

Kepala Puskesmas Sodonghilir Popon Herlina SKM mengatakan, launching Kampung Germas di Desa Cukangjayaguna sudah dilaksanakan dan diresmikan langsung oleh Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Tasikmalaya dr Heru Suharto MMKes bersama Camat Sodonghilir Uu Saeful Uyun dan Kepala Desa Cukangjayaguna Yani.

BACA JUGA:Polisi Ungkap Sindikat Penadah dan Kanibalisasi Motor untuk Tujuan Ekspor

Menurut dia, Kampung Germas di Kampung Legoktangkalak Desa Cukangjayaguna ini satu-satunya yang ada di Kecamatan Sodonghilir.

Germas sendiri merupakan suatu tindakan sistematis dan terencana yang dilakukan secara bersama-sama oleh seluruh komponen bangsa dengan kesadaran, kemauan dan kemampuan berperilaku sehat untuk meningkatkan kualitas hidup.

Kemudian, lanjut dia, sebagai upaya kesehatan bersumber daya masyarakat (UKBM) di Desa Cukangjayaguna Kecamatan Sodonghilir untuk aktif.

BACA JUGA:Jimat Puskesmas Pagerageung Tembus Top 99 Nominasi Program Kesehatan Lingkungan Tingkat Nasional

“Maka akan meningkatnya derajat kesehatan, menurunnya angka kesakitan, masyarakat khususnya di Desa Cukangjayaguna menerapkan pola hidup bersih dan sehat (PHBS) dalam kehidupan sehari -harinya,” kata Popon kepada Radar, Kamis 21 Juli 2022, kemarin.

Dia menambahkan, masyarakat juga dapat membudayakan Germas. Dengan letak geografis ke fasilitas kesehatan (faskes) yang cukup jauh, maka dengan adanya Kampung Germas akan lebih dekat dan partisipasi masyarakat akan lebih bagus.

“Alhamdulillah pihak pemerintah daerah sangat mendukung. Dan Puskesmas Sodonghilir akan bersama tenaga kesehatan, pengelola Kampung Germas mengajak masyarakat menguatkan kesehatan dengan bersumber daya masyarakat,” tambah dia.

BACA JUGA:Puskesmas Singaparna Dekatkan Pelayanan, Biaya Kesehatan Lebih Hemat

Kepala Desa Cukangjayaguna Kecamatan Sodonghilir Ani mengatakan, pemerintah desa sangat mendukung akan keberadaan Kampung Germas di Kampung Legoktangkalak.

“Masyarakat akan bersama-sama menjaga pola hidup bersih dan sehat. Memperkuat swadaya masyarakat dalam menjaga lingkungan dan kesehatan, maka akan terbentuk masyarakat kuat dan sehat,” ungkap dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: