Tebing Setinggi 20 Meter Longsor di Sodonghilir Tasikmalaya, Akses Jalan Tertutup, Banyak Rumah Terdampak

Tebing Setinggi 20 Meter Longsor di Sodonghilir Tasikmalaya, Akses Jalan Tertutup, Banyak Rumah Terdampak

Warga Sodonghilir Tasikmalaya sedang gotong royong membersihkan material longsor yang mengancam rumah warga, Kamis 11 Januari 2024. istimewa--

Tebing Setinggi 20 Meter Longsor di Sodonghilir Tasikmalaya, Akses Jalan Tertutup, Banyak Rumah Terdampak

TASIKMALAYA, RADARTASIK.COM - Hujan dengan intensitas tinggi dalam kurun waktu seminggu ini tiap hari mengguyur wilayah Kabupaten Tasikmalaya.

Akibatnya sejumlah kejadian bencana longsor pun terjadi di beberapa titik. Bahkan sebelumnya, longsor membuat akses jalan terputus. 

Seperti kemarin Rabu 10 Januari 2024, tebing setinggi 20 meter longsor di Kampung Cibarengkok, Desa Cikalong, Kecamatan Sodonghilir.

BACA JUGA:2 Kali Kalahkan AC Milan, Gian Piero Gasperini: Kami Lebih Baik Lagi Jika De Ketelaere dan Scamacca Konsisten

Bencana ini menyebakan akses jalan Kadusunan terputus l, dua rumah terdampak, lima terancam sehingga para pemilik rumah diungsikan ke lokasi yang aman.

Camat Sodonghilir, Uu Saeful Uyun mengatakan, bencana longsor ini terjadi kemaron pada pukul 15.30 setelah wilayahnua diguyur hujan deras.

"Longsor itu terjadi pada tebing setinggi 15-20 meter. Tebing itu mengalami longsor akibat hujan deras," katanya saat dihubungi, Kamis 11 Januari 2023.

Terang dia, di atas tebing itu ada sawah yang dimungkinkan setelah kemarau cukup lama banyak retakan. 

BACA JUGA:Tembok Kamar Warga Kota Banjar Ambruk saat Hujan Deras, Kata Pemilik Rumah seperti Gempa

Jadi ketika hujan deras, tanah tebing itu mengalami longsor. "Akibatnya jalan kedusunan dan sejumlah rumah terdampak," terang Uu.

Dengan adanya kejadian itu pihaknya bersama warga bergotong royong membersihkan material longsor yang menimpa jalan. "Alhamdulillah sekarang sudah bisa dilewati kendaraan," tambahnya.

Selain membersihkan material longsor, pihaknya juga memberikan bantuan kebutuhan pokok dari Bupati Tasikmalaya untuk warga terdampak. "Yang terdampak itu dua rumah dan lima rumah terancam," jelasnya.

Untuk material yang mengancam rumah warga kini sudah dibereskan. Namun, rumah yang terdampak akan dibersihkan lebih lanjut. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: